Tempat Wisata Menarik di Baturaja

10 Tempat Wisata Menarik di Baturaja Sumatera Selatan

Tempat Wisata Menarik di Baturaja Sumatera Selatan – Perjalanan ratusan kilometer dari Jembatan Ampera ke arah barat daya, akan mengantarkan Anda menemukan sejumlah tempat wisata menarik di Baturaja. Ibukota Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) ini, menyimpan banyak wisata alam yang menjadi daya tarik para pelancong domestik maupun luar negeri.

Dilihat dari sejarah administratifnya, Kabupaten OKU merupakan salah satu kabupaten tertua di Sumatera Selatan. Pada awal abad ke-20, eksistensi afdeling (kabupaten) OKU telah tercatat dalam Karesidenan Palembang. Melalui Peraturan Pemerintah No. 8 Tahun 1947, Kabupaten OKU kemudian dijadikan daerah otonom (Onder Afdeling), yang terdiri dari Ogan Ulu, Komering Ulu, dan Muaradua Ranau.

Perubahan administrasi selanjutnya dilakukan tanggal 20 Maret 1950. Bersamaan dengan pembubaran Negara Bagian Sumatera Selatan, penerapan batas-batas wilayah Kabupaten OKU turut membawahi wilayah Martapura dan Muaradua. Pada masa ini, Kabupaten OKU berhak mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri.

Pasca terjadinya pemekaran tahun 2003, Kabupaten OKU pun dipisah menjadi 3 kabupaten, yakni Kabupaten OKU Timur, Kabupaten OKU Selatan, dan Kabupaten OKU. Bentuk terkini dari Kabupaten OKU mencakup 12 kecamatan dan 140 desa. Hal ini memungkinkan perkembangan pariwisata Baturaja yang semakin khas.

 

Pilihan Tempat Wisata Menarik di Baturaja

Berada dalam topografi dataran rendah berbukit, Kabupaten OKU sarat dengan berbagai kawasan lindung. Anda bisa menemukan kawasan hutan lindung, suaka alam, cagar budaya, serta sempadan sungai dan danau. Selain itu, kawasan budidaya pariwisata berupa wisata agro dan wisata budaya juga tidak boleh Anda lewatkan.

Dan untuk mendukung eksplorasi Anda, simaklah 10 tempat wisata menarik di Baturaja berikut ini. Satu diantaranya, mungkin bisa Anda jadikan pilihan tempat melepas penat bersama orang-orang tersayang.

1. Bukit Lesung Bintang

Tempat Wisata Menarik di Baturaja

Berada dalam kawasan taman wisata alam, Bukit Lesung Bintang menyajikan panorama menakjubkan yang cocok dijadikan awal perjalanan di Baturaja. Untuk datang ke sini, Anda cukup mengikuti petunjuk jalan yang mengarah ke Desa Laya, Kecamatan Baturaja Barat.

Bukit Lesung Bintang di masa lalu, terkenal akan bentuk segi delapan menyerupai bintang yang bagian tengahnya terdapat lesung. Peninggalan marga Bindung Langit Lawang Kulon ini, diyakini sebagai bukti sejarah asal mula Baturaja. Bukti sejarah lainnya adalah Batu Berukir dan Batu berbentuk tapak kaki.

Dari atas Bukit Lesung Bintang, Anda bisa menyaksikan panorama kota Baturaja. Syaratnya, jangan membuang sampah sembarangan agar jalur menuju puncak tetap bersih dan lestari. Kesadaran seperti ini agaknya kurang digalakkan oleh pengelola wisata bersejarah tersebut.


2. Bendali Rantau Kumpai

Tempat Wisata Menarik di Baturaja

Bendali adalah akronim dari Bendungan Pengendali Air. Wisata andalan perairan di Baturaja ini menawarkan kesempatan menaiki kereta angsa. Fasilitas lain yang tersedia di Bendali Rantau Kumpai adalah arena panjat tebing, areal perkemahan, tempat pemancingan, dan musala.

Berlokasi di Desa Tungku Jaya, Kecamatan Sosoh Buay Rayap, objek wisata ini dapat Anda nikmati dengan menempuh 17 kilometer perjalanan darat dari pusat kota Baturaja.


3. Bukit Pelawi

Tempat Wisata Menarik di Baturaja

Kesan asri dan sejuk yang jarang Anda dapatkan di tengah kota, bisa Anda dapatkan dengan berkunjung ke Bukit Pelawi. Seperti bukit pada umumnya, Bukit Pelawi juga menjadi salah satu tempat terbaik untuk menikmati panorama kota.

Selain menjadi destinasi wisata, bukit yang bisa diakses dari Desa Laya, Desa Pusar, Desa Batu Kuning, dan Desa Karang Agung ini, juga menjadi lokasi favorit bagi kegiatan pendakian para pecinta alam.


4. Air Terjun Mandi Hawa

Tempat Wisata Menarik di Baturaja

Tempat wisata Air Terjun Mandi Hawa terletak di Desa Tualang, Kecamatan Lengkiti. Jaraknya sekitar 43 kilometer dari Baturaja. Perjalanan menuju air terjun ini akan ditemani gemercik Sungai Saka. Berdasarkan legenda yang diyakini masyarakat setempat, tempat wisata Air Terjun Mandi Hawa merupakan tempat pertempuran perebutan wilayah Puyang Deham dengan Puyang Lampung Abung. Banyak peninggalan dari pertempuran tersebut yang bisa Anda saksikan. Beberapa di antaranya adalah Batu Asahan, Kolam Darah, dan Kuburan Puyang.

 

Lihat juga : Fenomena Tersembunyi dari Air Terjun Muara Enim

 


5. Air Terjun Bukit Langgar

Tempat Wisata Menarik di Baturaja

Masih di Kecamatan Lengkiti. Apabila Anda bergeser satu kilometer ke arah Desa Gedung Pakuon, Anda akan menemukan Air Terjun Bukit Langgar. Warga desa biasa menyebutnya Cuhup Langgah. Bagi Anda yang hobi melakukan pendakian, akses jalan ke Cuhup Langgah termasuk salah satu akses yang menarik untuk dicoba.


6. Air Panas Gemuhak

Tempat Wisata Menarik di Baturaja

Terletak di Desa Gunung Tiga, Kecamatan Ulu Ogan, tempat wisata Air Panas Gemuhak berjarak sekitar 6 kilometer dari Desa Gunung Tiga. Jika berjalan kaki, Anda dapat menempuhnya dalam waktu tiga jam.

Lokasi Air Panas Gemuhak berada pada ketinggian 398 meter di atas permukaan laut. Pusat air panas terbesar mampu menyemburkan air panas hingga setinggi 3 meter. Air Panas Gemuhak memiliki suhu panas yang mencapai 70-100 derajat celsius. Artinya, air ini mengandung mineral yang aman untuk langsung diminum.


7. Air Terjun Kambas

Tempat Wisata Menarik di Baturaja

Destinasi favorit akhir pekan Air Terjun Kambas ini, berlokasi di Desa Ulaklebar, Kecamatan Ulu Ogan. Perjalanan menuju lokasi akan dihiasi nuansa perbukitan yang masih alami. Jalurnya juga melintasi hutan perkebunan rakyat dan Sungai Kambas.

Penggemar wisata ekstrem akan menemukan kepuasan tersendiri menantang jalur menuju Air Terjun Kambas. Berada dalam kawasan hutan lindung, Anda juga akan melihat bebatuan besar yang menjadi bahan batu akik.


8. Gua Harimau

Tempat Wisata Menarik di Baturaja

Gua Harimau terletak sekitar 500 meter dari Gua Puteri di Desa Padangbindu, Kecamatan Semidangaji. Selain diperuntukkan bagi turis, tempat wisata ini juga sering dikunjungi oleh para peneliti. Mereka pun memiliki sebutan khusus untuk Gua Harimau, yakni Situs Padangbindu.

Saat ini, Gua Harimau telah dilengkapi fasilitas tangga permanen yang anak tangganya berjumlah 104 buah. Tersedia pula anjungan untuk memudahkan wisatawan menikmati suasana gua, sehingga tidak menggangu tim peneliti yang sedang bekerja.


9. Gua Putri

Tempat Wisata Menarik di Baturaja

Wisata Gua Putri adalah salah satu tempat wisata paling favorit yang membuat Baturaja dikenal publik. Gua yang menyimpan peninggalan bersejarah ini, menawarkan berbagai wisata alam, wisata budaya, dan wisata sejarah yang menakjubkan.

 

Lihat juga : Kubu Perahu Menjadi Unggulan Wisata Alam di Lampung Barat

 

Untuk menjangkau Gua Putri yang terletak di Desa Padangbindu, Kecamatan Semidangaji, Anda hanya perlu berkendara selama 30-40 menit. Sarana pendukung di sekitar dan di dalam gua, seperti tempat istirahat, penerangan listrik, kolam kecil alami tempat cuci muka atau mandi, musala MCK, dan warung makanan, sudah dibangun secara baik dan lengkap.


10. Taman Kota Baturaja

Tempat Wisata Menarik di Baturaja

Taman Kota Baturaja merupakan realiasasi keseriusan pemerintah kota untuk mendukung pariwisata di Baturaja. Taman ini sebelumnya adalah lapangan sepak bola. Warga kota biasa menyebutnya Lapangan Ahmad Yani. Keramaian di Taman Kota Baturaja telah tampak sejak hari menjelang senja.

Banyaknya pilihan kuliner di sekitar taman, membuat keramaian tetap berdegup sampai tengah malam. Dilengkapi sejumlah wahana permainan, secara umum tempat ini sangat cocok dinikmati bersama anak-anak, keluarga, serta para sahabat.

Itulah daftar 10 tempat wisata menarik di Baturaja, Sumatera Selatan. Perjalanan ratusan kilometer, akan terbayar lunas ketika Anda merasakan sensasi alam yang khas di Sumatera Selatan ini. Selamat berlibur!

#SalamTebarPesona

18 thoughts on “10 Tempat Wisata Menarik di Baturaja Sumatera Selatan”

  1. Rose Endah

    Keren euy.. dah lama tinggal di baturaja tp baru tau kl ada curup lainnya selain curup tenang. perlu direalisasikan ni

  2. Lisa

    Tinggal disana 18th. Kuliah dan menikah d jkt. Tp masih sering pulang kampung krn ortu msh tgl disana. Buka pintu pas taman kota baturaja. Apalagi ramadhan gini. Taman kota rameee yg jual takjil. Kangennn..

    1. Halo Lisa

      Sesuatu yg mengasyikkan, memiliki rumah di pusat keramaian seperti Taman Kota Baturaja. Tidak butuh biaya besar jika ingin melebur penat tentunya.

      Bicara kampung halaman … sejauh manapun kaki melangkah, namanya tidak akan pernah terlupakan. Semoga libur nasional hari raya Idul Fitri tahun ini, menjadi momen berharga untuk kembali menginjakkan kaki di Taman Kota Baturaja bersama keluarga tercinta!

      Terima kasih sudah berkunjung.

  3. Anissa Rahma

    Untuk menuju ke Baturaja menggunakan travel dari Bandar Lampung, berapa jam perjalanan & berapa tarif / orang?

    1. Halo Anissa Rahma

      Dengan menggunakan angkutan travel, butuh waktu ± 6 jam perjalanan. Dan untuk tarif dari Bandar Lampung ke Baturaja, 120rb per orang.

      1. Anissa Rahma

        Okay … Trims infonya

  4. Robbiy Alwi Al-Harun

    Saya bangga dengan Baturaja meskipun bukan tempat kelahiran Saya.
    10 th lebih Saya tinggal di sini, hmmmmm terasa Saya aslinya Baturaja.

    1. Halo Robbiy Alwi Al-Harun

      Sebuah kota yang ramah di Kabupaten OKU. Salah satu alasan kenapa RM. Prambanan, Kemelak, Baturaja, menjadi tempat peristirahatan TebarPesonaTravel dalam melakukan perjalanan ke Muara Enim selama ini.

      Terima kasih sudah berkunjung ..!

  5. Sayang pemkab dan dinas pariwisata kurang mengembangkan potensi2 wisata di kab. Oku, di mulai dari sarana dan prasarana dan akses jalan, yg msh belum wah….

    1. Halo Doni Agusta

      Yupz, sangat disayangkan. Demi kemajuan daerahnya, sudah seharusnya hal-hal tersebut perlu jadi perhatian oleh dinas terkait. Semoga kedepannya ada perubahan dan menjadi lebih baik lagi.

      Terima kasih sudah berkunjung.

  6. Thonny nizzar

    Q bangga jd anak sumsel khususnya baturaja oku t4 kelahiran ku,smga kedpnnya daerah oku lbih maju lgi aminn,,,

    1. Halo Thonny Nizzar

      Kita patut bangga & bersyukur atas segala kekayaan dan keindahan yang dimiliki Negeri kita tercinta. Tidak terkecuali Baturaja, OKU, yang juga banyak menyimpan kekayaan & keindahan alamnya.

      Sebagai generasi penerus, dengan selalu menjaga kelestarian yang ada, itu salah satu bentuk dukungan dalam mewujudkan kemajuan daerahnya. Semoga …!

      Terima kasih sudah berkunjung.

    1. Halo Hani Wally

      Benar sekali. Salah satu kabupaten milik provinsi Sumatera Selatan ini sebenarnya memiliki banyak objek wisata dengan pesona alam yang cukup memukau. Tapi sayang, belum terlalu banyak wisatawan luar meliriknya. Mungkin tidak ada salahnya untuk mencoba!

      Terima kasih sudah berkunjung.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.