Air Terjun Curup Gangsa

Gemercik Air Terjun Curup Gangsa di Way Kanan Lampung

Air Terjun Curup Gangsa – Masih seputar Lampung, kali ini Tebar Pesona Travel kembali mengajak Anda untuk berbasah ria di bawah gemercik air terjun penuh pesona yang memiliki kecantikan melebihi Prilly Latuconsina. Alamaaak!

Maafkan penulis jika sedikit lebay, mungkin efek dari terlalu sering dekat dengan Kids zaman Now. Hadeehh … makin panjang basa-basinya. Abaikan! Mari kita lanjutkan ke bagian selanjutnya, pokok dari ulasan. Hehe

Jika di Kabupaten Muara Enim ada Air Terjun Bedegung atau Curup Tenang, maka di Dusun Tanjung Jaya, Kecamatan Kasui, Kabupaten Way Kanan, Lampung, ada Air Terjun Curup Gangsa yang tidak kalah eksotisnya.

Intip sejenak : Fenomena Tersembunyi dari Air Terjun Muara Enim Sumatera Selatan

Namun sebelum menuju kesana untuk melihat Curup Gangsa secara langsung, tidak ada salahnya apabila Anda mengenal terlebih dahulu sedikit gambaran tentang kabupaten yang merayakan hari jadinya setiap tanggal 27 April berdasarkan hasil pemekaran wilayah dari Lampung Utara pada tahun 1999 silam ini.

Terkenal akan hasil bumi yang melimpah dengan produk pertanian seperti kopi, lada, karet, kelapa sawit, singkong dan lain sebagainya, menjadikan slogan “Bumi Petani” tersemat pada Kabupaten Way Kanan. Namun selain hasil bumi yang melimpah dengan kualitas terbaiknya, ternyata Way Kanan juga menyimpan potensi wisata yang cukup menjanjikan. Salah satunya adalah Air Terjun Curup Gangsa.

 

Kepopuleran Air Terjun Curup Gangsa

Bagi masyarakat setempat, Air Terjun Curup Gangsa Way Kanan ini keberadaannya sudah tidak asing lagi di tengah mereka. Bahkan Curup Gangsa menjadi tempat favorit masyarakat sekitar sebagai tempat rekreasi dan hiburan saat akhir pekan tiba.

Namun keindahan Curup Gangsa yang banyak di ekspos ke Media Sosial rupanya membuat banyak orang penasaran. Terbukti, belakangan ini kepopuleran Curup Gangsa semakin terlihat dari semakin banyaknya pengunjung yang datang. Bukan hanya masyarakat sekitar saja, melainkan banyak juga pengunjung yang datang dari luar Lampung.

Memiliki ketinggian mencapai 100 meter dan lebar sekitar 20 meter dengan dikelilingi hijaunya alam sekitar, Air Terjun Curup Gangsa di Way Kanan yang satu ini benar-benar merupakan anugerah yang wajib untuk dinikmati keindahannya.

Air Terjun Curup Gangsa
Foto by: Hendarto dalam Liputan Trans7

Akan tetapi, tidak cukup bila hanya memanjakan mata dengan memandangi keindahannya saja. Anda pun bisa menemukan sensasi yang berbeda dalam melebur lelah di dasar jiwa, yaitu dengan berbasah ria di bawah segarnya Air Terjun Curup Gangsa. Yuhuu …

 

Akses Menuju Air Terjun Curup Gangsa

Berjarak ± 180 kilometer dari pusat Kota Bandar Lampung, butuh waktu sekitar 5 jam berkendara melalui Jalan Lintas Tengah Sumatera. Dimulai dengan melewati Bandara Radin Inten II Branti, Bandar Jaya, Kotabumi, terus melaju sekitar 2 jam dari Kotabumi maka Anda akan sampai di Kabupaten Way Kanan.

Setibanya di Way Kanan, pastikan Anda bertitik di Blambangan Umpu yang merupakan Ibukota dari Kabupaten Way Kanan. Dari Blambangan Umpu ini, dibutuhkan waktu sekitar 30 menit berkendara untuk mencapai lokasi Curup Gangsa.

 

Tiket Masuk Air Terjun Curup Gangsa

Untuk masuk ke kawasan Curup Gangsa pada hari libur atau hari-hari besar, Anda cukup membayar Rp5 ribu saja per unit kendaraan. Namun jika Anda berkunjung pada hari biasa, maka tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis.

Namun mengingat semakin ramainya pengunjung, kedepannya tentu akan diberlakukan tiket masuk sesuai ketentuan. Dan melihat masih minimnya fasilitas serta tidak terawatnya lokasi di sekitar objek wisata ini, retribusi atau tiket masuk pengunjung rasanya perlu demi pengelolaan yang lebih baik lagi.

Air Terjun Curup Gangsa
Foto by: Hendarto dalam Liputan Trans7

Itulah sedikit ulasan tentang Air Terjun Curup Gangsa di Way Kanan Lampung, persembahan Tebar Pesona Travel dalam episode kali ini. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi penyejuk hati, jiwa dan pikiran yang penat oleh berbagai rutinitas sehari-hari.

Jangan lupa, demi mendukung kemajuan pariwisata Indonesia, bagikan informasi ini melalui tombol berbagi yang tersedia. Dan jika ada hal yang perlu disampaikan, kolom komentar di bawah ini selalu terbuka untuk Anda!

#SalamTebarPesona

4 thoughts on “Gemercik Air Terjun Curup Gangsa di Way Kanan Lampung”

  1. Bisa jadi referensi nih kalau mau main ke lampung, baru denger tentang curug gangsa.

    Banyak memang tempat2 eksotis di Negeri kita yang belum ter-expose.

    1. Halo Males Ribet,

      Ya, Curup Gangsa merupakan salah satu bagian dari keindahan alam Negeri kita tercinta. Meskipun nama yang seharusnya CURUG, namun masyarakat sekitar terbiasa menyebutnya CURUP. Untuk menemukan sensasi baru dalam traveling, Curup Gangsa bisa jadi destinasi Anda di Gerbang Sumatera. Hehe

      Terima kasih sudah berkunjung …

    1. Halo Web Portal Pendidikan,

      Iya benar gan, kebetulan saya domisili di Lampung. Hehe

      Terima kasih sudah berkunjung kemari. Salam sukses selalu …

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.