Air Terjun Tangga Manik Lahat, Destinasi Eksotis Berbalut Mistis

Miniatur Niagara Waterfall, itulah julukan untuk Air Terjun Tangga Manik yang terletak di Kabupaten Lahat. Lokasi tepatnya berada di tepian Sungai Lematang dengan bentuk memanjang. Di sekeliling air terjun masih terlihat hutan lebat dan hamparan rumput. Sementara di atas air terjun terdapat bebatuan tersusun rapi.

Dulunya, air terjun ini merupakan bendungan yang dibuat pada zaman penjajahan Belanda. Lalu, sekelompok pemuda dari Karang Taruna menyulapnya menjadi objek wisata air terjun. Meskipun tergolong baru, pengunjung Air Terjun Lahat ini tidak kurang dari 500 wisatawan setiap harinya.

Kisah Mistis Air Terjun Tangga Manik

Siapa sangka, di balik popularitas Air Terjun Tangga Manik, tersimpan cerita mistis. Konon, dulu tidak ada orang yang berani mengunjungi tempat ini karena angker. Masyarakat memercayai, bahwa di kawasan air terjun terdapat kekuatan magis di luar nalar manusia.

Air Terjun Tangga Manik Lahat
(Sumber: @Kang Aan)

Sejak masa kolonial Belanda, wilayah air terjun dipercaya dihuni makhluk astral. Meski belum pernah ada yang mengalami peristiwa aneh, kepercayaan itu begitu mengakar. Hingga akhirnya, pada tahun 2017 secara resmi dibuka sebagai kawasan wisata air terjun.

Panorama di Sekitar Air Terjun

Walaupun tidak terbentuk secara alami, Air Terjun Tangga Manik memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Airnya menyerupai tangga karena mengalir di permukaan bendungan tingkat empat. Debit air di sini juga cukup deras sehingga tampak cantik saat jatuh ke sungai.

Tinggi Air Terjun ini sekitar 2 meter saja, jadi aman untuk anak-anak yang ingin bermain air. Sungainya juga dangkal, jernih, dan segar. Di depan air terjun terdapat bebatuan tertutup rumput sehingga tampak seperti pulau kecil.

Rombongan pengunjung dari Kota Bandar Lampung
(Foto: @Kang Aan)

Anda bisa mengajak keluarga atau teman-teman berenang di Air Terjun Tangga Manik dengan menyewa ban. Namun, tetaplah menjaga aurat saat berenang di sini agar tidak melanggar pantangan. Selain itu, pengunjung juga dilarang membuang sampah sembarangan dan memindahkan benda apa pun dari lokasi air terjun.

Cara Menuju Lokasi Air Terjun

Lokasi air terjun mudah diakses dari pusat Kabupaten Lahat. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, jasa angkutan travel, rental, atau naik transportasi umum. Kini, di Lahat sudah ada angkutan umum dan bus Damri yang siap mengantar wisatawan keliling Lahat. Dari pusat Kabupaten Lahat, carilah kendaraan umum dengan rute Desa Tanjung Payang, Kecamatan Lahat Selatan.

Lihat juga : Travel Lahat Palembang Mulai Pagi Hingga Malam, Lematang Wisata

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, ambil arah ke Jalan Lahat atau Jalan Lintas Tengah Sumatera. Kemudian, lanjutkan ke Jalan Lintas Pagar Alam-Lahat. Lalu, belok kiri ke Jalan Letnan Alamsyah, sekitar 450 meter belok kanan. Lokasi air terjun 700 meter sesudah belokan terakhir.

Untuk merasakan segarnya air terjun ini, Anda hanya dikenakan Rp2 ribu – Rp5 ribu per orang sebagai biaya tiket masuk. Sementara bagi anak berusia di bawah 12 tahun, tidak dipungut bayaran alias gratis.

Itulah ulasan singkat seputar Air Terjun Tangga Manik Lahat. Tempat wisata alam di Lahat ini merupakan solusi bagi Anda yang menginginkan rekreasi alam di dekat kota. Tunggu apa lagi? Yuk, mulai siapkan perjalanan!

#SalamTebarPesona

Rustam Renaldy: Satu dari seperempat milyar lebih penduduk Negeri ini yang hobi menyeruput kopi hitam dalam menyatukan inspirasi

KOMENTAR TERHANGAT (8)

  • Maman Achman berkata:

    Walau tempatnya berbau mistis, tapi para wisatawan tetap ramai berkunjung ya bang, karena pesona tempat wisata air terjun Tangga Manik Lahat ini memang sangat memukau sepertinya....

    • Rustam Renaldy berkata:

      Benar sekali kang. Tempatnya sangat cocok untuk rekreasi keluarga. Terlebih airnya juga tidak terlalu dalam, sehingga anak-anak cukup senang mandi dan bermain air di tempat ini.

  • Wahyu IWe berkata:

    Aman yah untuk keluarga terutama untuk anak2! dan cukup bersahabat dengan dompet hiks…. 😀

    • Rustam Renaldy berkata:

      Ya, cukup nyaman dan aman baik di hati, maupun di dompet. Hehe

  • Tuteh berkata:

    Air terjunnya unik sekali meskipun tidak terbentuk secara alami. Memanjang dan berundak. Manapula tingginya dua meter-an saja dengan kedalaman sungai yang dangkal (terlihat dari foto-fotonya), aman untuk anak-anak/bocah. Ini lokasi paling keren untuk wisata sekeluarga besarrrr. Hehehe.

    • Rustam Renaldy berkata:

      Meskipun sedikit berlebihan dengan julukan yang disematkan, tapi itulah gambaran dari keunikan dan keindahan air terjun tersebut. Yaa, destinasi wisata keluarga yang cukup menyenangkan ... hehe

  • Risna berkata:

    Wah keren Mz, tapi sedih gak bisa kesana, dulu sih sering ke lahat tapi ke Kpknl yang arahnya depan rumah sakit, urusan kerjaan sih jd gk bisa jalan-jalan 😩.

    • Rustam Renaldy berkata:

      Kapan-kapan kalo kesana lagi jangan sampe gak mampir di air terjun ini ya, supaya gak 2x nyeselnya. Hihi

This website uses cookies.