Hapus Kenangan Basi yang Bersemayam dengan Berwisata ke Pulau Tabuhan Banyuwangi

Pulau Tabuhan Banyuwangi

Pulau Tabuhan Banyuwangi – Jika air putih saja bisa basi, bagaimana dengan kenangan yang entah sejak kapan bersemayam dalam hati? Bisa dipastikan, satu diantara kenangan yang ada tentulah sudah basi. Jadi jangan dipendam terlalu lama apalagi terlalu dalam, segera buang jauh-jauh kenangan yang sudah kadaluwarsa agar tidak menyiksa diri. Haa’

Halo sahabat Tebarpesona … masih di seputaran Jawa Timur, tepatnya Banyuwangi, pada kesempatan ini Tebarpesona mengajak Anda untuk mengintip salah satu destinasi wisata terfavorit yang wajib dikunjungi jika menyambangi kota ini, yaitu Pulau Tabuhan Banyuwangi.

Beberapa tahun belakangan ini, Kabupaten Banyuwangi memang semakin populer saja sebagai destinasi wisata kelas dunia. Bukan hanya karena lokasinya yang berdekatan dengan Pulau Bali, melainkan karena potensi alam yang dimilikinya begitu luar biasa.

Karena panorama alamnya yang begitu memukau dan tak kalah dari wisata alam yang ada di Pulau Bali, maka tidak heran apabila banyak wisatawan asing yang sering bertandang ke Banyuwangi hanya untuk menikmati pesona indahnya, terlebih Pulau Tabuhan ini.

 

Menikmati Berbagai Keindahan di Pulau Tabuhan Banyuwangi

Selain menghapus kenangan yang basi, menyambangi Pulau Tabuhan Banyuwangi adalah salah satu cara mudah untuk menepis segala kegundahan dan kepenatan yang melanda hati.

Memiliki hamparan pasir seputih gigi Ivan Gunawan, membuat keindahan dari Pulau Tabuhan semakin terpancar nyata. Bahkan hanya dengan menyusuri sepanjang bibir pantainya saja sudah pasti terasa sangat menyenangkan. Selain itu, adanya bekas reruntuhan bangunan di pinggir pantai semakin menambah ke-eksotisan dari pulau ini.

Lihat juga : Rekreasi Penuh Sensasi di Teluk Bidadari dan Pantai Mbehi Malang

Mercusuar di Tengah Pulau
Daya tarik lain dari Pulau Tabuhan Banyuwangi adalah terdapatnya bangunan mercusuar yang berada di tengah pulau. Dari spot tersebut Anda bisa menikmati keindahan Pulau Tabuhan serta berbagai jenis satwa yang menghuni pulau seluas 5 hektar ini.

Pulau Tabuhan Banyuwangi
Burung Maleo di Pulau Tabuhan

Bahkan ketika berkunjung ke sini Anda juga berkesempatan untuk berjumpa dengan Burung Maleo, burung khas dari tanah Sulawesi yang sedang melakukan migrasi ke Pulau Tabuhan.

Diving & Snorkeling
Berhubung Pantai Bangsring yang merupakan pintu masuk dari Pulau Tabuhan terkenal akan rumah apungnya serta taman bawah laut yang amat memesona, sebenarnya kegiatan seperti diving dan snorkeling sudah bisa dilakukan ketika Anda hendak menyeberang.

Namun kondisi laut serta biota yang ada di Pantai Bangsring seperti ikan, terumbu karang, dan spesies lainnya sudah pasti berbeda jauh bila dibandingkan dengan yang terdapat di Pulau Tabuhan. Oleh karenanya, bila Anda punya kesempatan untuk berkunjung ke pulau eksotis yang satu ini Anda wajib menjelajahi wisata bawah airnya yang sangat cantik dan menggoda.

Pulau Tabuhan Banyuwangi
Alam Bawah Laut Pulau Tabuhan

Besarnya angin yang ada di wilayah Pulau Tabuhan memang jarang sekali bisa kita temui di destinasi wisata lain. Maka dari itu, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk melakukan kegiatan seru dan memacu adrenalin seperti berselancar, windsurfing serta kitesurfing.

Apalagi sekarang ini di sekitar Pulau Tabuhan sudah ada warga setempat yang membuka penyewaan berbagai perlengkapan berselancar. Dan jika berminat, Anda juga bisa mengikuti kursus singkat dengan biaya yang ramah di kantong.

Dengan luas hanya mencapai 5 sampai 6 hektar, dibutuhkan waktu sekitar 1 jam saja untuk bisa mengelilingi Pulau Tabuhan Banyuwangi. Selain itu, agar petualangan Anda terasa semakin seru, Anda bisa mengelilingi pulau ini dengan berjalan kaki saja. Bila merasa capek, beristirahatlah di bawah pohon kelapa sambil menikmati bekal yang dibawa. Seru sekali, bukan?

Namun bila bekal Anda habis atau memang tidak membawa bekal, jangan khawatir karena di Pulau Tabuhan terdapat beberapa warung sederhana yang bisa menjadi alternatif untuk mengganjal perut.

Hunting Foto Eksotis di Tiap Sudut Pulau
Menjelajahi destinasi-destinasi menarik tanpa mengabadikan momen sewaktu liburan rasanya memang kurang afdol. Apalagi bila Anda berkunjung ke Pulau Tabuhan yang terkenal punya panorama yang sangat memesona ini. Oleh sebab itu jangan sampai kelupaan untuk membawa peralatan fotografi Anda, ya!

 

Lokasi Pulau Tabuhan Banyuwangi

Pulau Tabuhan berlokasi tepat di Selat Bali dan menjadi pemisah antara Pulau Dewata dan Provinsi Jawa Timur. Selain itu pulau ini juga memiliki jarak yang lumayan dekat dengan Pulau Menjangan. Hanya saja, secara administrasi Pulau Tabuhan menjadi bagian dari Kabupaten Banyuwangi, sementara Pulau Menjangan masuk ke dalam teritorial Provinsi Bali. Sedangkan untuk alamat lengkapnya berlokasi di Desa Bengkak, Kecamatan Wongsorejo, Kota Banyuwangi, Jawa Timur.

Apa Saja Fasilitas di Pulau Tabuhan Banyuwangi?

Karena biaya masuk ke Pulau Tabuhan gratis alias tak perlu bayar, jangan berharap menemukan berbagai fasilitas pendukung yang memadai, ya! Apalagi bisa dibilang pulau ini merupakan pulau tak berpenghuni, sehingga keadaan alamnya benar-benar masih alami.

Jadi sangat wajar bila berkunjung ke sini Anda cuma bisa menemukan kamar mandi dan beberapa warung makan sederhana. Itulah sebabnya, membawa perbekalan sendiri merupakan salah satu pilihan terbaik.

Oya, jika Anda ingin berkunjung ke Pulau Tabuhan Banyuwangi, Anda bisa datang ke pantai ini kapan saja, karena selama 24 jam pantai ini selalu terbuka untuk umum.

Dan bagi sahabat Tebarpesona yang ingin menikmati keindahan matahari terbit dan tenggelam di Pulau Tabuhan, mendirikan tenda dan melakukan aktivitas kemping di atas hamparan pasir putihnya, rasanya bisa menjadi momen terindah sebagai penghapus kenangan yang sudah kadaluwarsa. Demikian …!!!

#SalamTebarPesona

2 thoughts on “Hapus Kenangan Basi yang Bersemayam dengan Berwisata ke Pulau Tabuhan Banyuwangi”

  1. Yen bayuwangi tetep oke punya … seni dan budaya tetap terbaik, sekarang malah menjadi kiblat seniman area Solo ….

    1. Owh, Mas Teguh asalnya asli Banyuwangi kah? Suatu kebanggaan tentunya mempunyai tanah kelahiran yang semakin berkembang dan banyak dikunjungi wisatawan luar seperti Banyuwangi ya mas.

      Terimakasih sudah mampir. Salam

Berikan Tanggapan Anda!