Museum Lampung

Berwisata Sambil Mengenal Budaya dan Sejarah di Museum Lampung

Berwisata Sambil Mengenal Budaya dan Sejarah di Museum Lampung – Berwisata tidak hanya melulu tentang liburan ke gunung atau pantai. Ada banyak hal yang dapat ditemui di setiap daerah destinasi berwisata. Misalkan mengenal kuliner khas daerah setempat, atau mengenal kearifan lokal penduduk sekitar, termasuk mengenal sejarah dan budaya daerah yang dikunjungi.

Setiap daerah, terutama di Indonesia, pastilah memiliki perjalanan sejarah dan budaya yang unik dan menarik untuk dipelajari. Dengan mengenal beragam kuliner dan budaya masyarakatnya, berlibur bukan hanya menandaskan rasa penat, tetapi juga menambah ilmu mengenai daerah tertentu.

Begitu pula dengan Lampung, sebuah provinsi paling Selatan di Pulau Sumatera yang memiliki perjalanan sejarah yang begitu panjang. Seiring dengan waktu, Lampung menjadi tempat yang mampu menarik wisatawan untuk menikmati waktu liburnya.

 

Lihat : Pesona Indah dari Objek Wisata Lampung

 

Berbicara soal Lampung, selain memiliki potensi alam yang sangat indah, provinsi ini juga memiliki perjalanan sejarah dan budaya yang sangat menarik. Tidak rugi jika tengah berlibur ke Lampung, sengaja menyempatkan diri untuk menapak tilas sejarah dan belajar kebudayaan dari Bumi Ruwa Jurai ini.

Salah satu tempat favorit para wisatawan untuk mengenal sejarah dan budaya Lampung, adalah Museum Lampung. Museum yang memiliki nama resmi Museum Negeri Provinsi Lampung, Ruwa Jurai ini diresmikan pada tahun 1988.

Museum Lampung

Museum Lampung ini diperuntukan bagi para pelancong untuk melakukan wisata sejarah, sarana pendidikan, dan rekreasi. Museum ini memiliki sekitar 5.000 koleksi yang dibagi menjadi 10 kategori, yaitu; koleksi geologika, biologika, etnografika, arkeologika, historika, numismatika, filologika, keramologi, seni rupa, dan teknologika.

 

Fasilitas & Benda-benda Peninggalan Bersejarah di Museum Lampung

Di Museum Lampung, wisatawan dapat belajar sejarah perjalanan Provinsi Lampung dari berbagai lukisan dan benda-benda peninggalan sejarah dan budaya Lampung. Di antaranya adalah bola besi yang pernah dipakai untuk membuka lahan transmigrasi di wilayah Lampung Timur, berbagai macam jenis kain khas Lampung yaitu tapis, miniatur nuo baling (rumah adat Pepadun), fosil manusia purba yang ditemukan di Lampung, peralatan menenun, berbagai karya seni keramik dari Dinasti Ming, dan masih banyak lagi.

Museum Lampung
Tapis & Siger Lampung

Fasilitas yang dimiliki Museum Lampung pun tidak kalah menarik. Selain terdapat ruang pameran, juga terdapat perpustakaan, auditorium, ruang audio-visual, laboratorium, dan fasilitas lainnya. Desain interior dan teknologi yang digunakan oleh museum ini sudah sangat modern. Jadi, para wisatawan tidak akan menemukan kesan “kuno” di Museum Lampung.

Museum yang berlokasi di Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No. 64, Rajabasa, Bandar Lampung tersebut letaknya sangat strategis. Hanya berjarak beberapa ratus meter dari Terminal Bus Rajabasa. Sehingga, para wisatawan tidak perlu kebingungan mencari transportasi guna mencapai museum ini.

Adanya wisata ilmu dari Museum Lampung, menjadikan provinsi ini kaya akan destinasi wisata. Tidak hanya keindahan alam dan kelezatan cita rasa kulinernya saja yang dapat dinikmati, namun juga dapat memperkaya ilmu sejarah dan budaya Lampung yang bisa dipetik ketika berwisata. Semoga bermanfaat!

#SalamTebarPesona

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.