Home » Lintas Wisata » Danau Nibung Penuh Pesona di Utara Bumi Rafflesia

Danau Nibung Penuh Pesona di Utara Bumi Rafflesia

Berkendara setengah hari ke bagian utara dari Kota Bengkulu, akan mengantarkan perjalanan sampai di Kabupaten Mukomuko. Sebuah kabupaten tempat bertitiknya objek wisata Danau Nibung yang penuh pesona dan tengah jadi primadona.

Danau Nibung
(Instagram: @exploremukomuko)

Pernah mendengar namanya? Atau mungkin sudah sering mengunjunginya? Jika belum, simak terlebih dahulu uraian di bawah ini sebelum benar-benar meluncur untuk menginjakkan kaki di sana.

Provinsi yang juga akrab dengan sebutan Bumi Rafflesia ini tidak kalah dari provinsi-provinsi lain di Indonesia dalam bidang pariwisata. Beberapa yang sudah cukup ternama diantaranya seperti; Pulau Tikus, Pantai Panjang, Pantai Tapak Paderi, Bukit Kaba, serta masih banyak lainnya. Dan tentu saja, wisata sejarah yang tidak boleh dilupakan yaitu Rumah Pengasingan Bung Karno melengkapi destinasi yang ada.

Lihat : Tempat Wisata di Kota Bengkulu yang Memukau dan Ramai Dikunjungi

Namun selain beberapa objek wisata di atas, ternyata ada salah satu danau yang belakangan ini menjadi incaran para wisatawan. Seperti yang sudah tertulis pada paragraf awal, danau tersebut tak lain adalah Danau Nibung. Apa yang menjadikan danau ini begitu diminati untuk dikunjungi? Coba Tebarpesona lanjutkan pada paragraf berikut.

Destinasi Wisata Wonderful 2020 Bengkulu

Terletak di kawasan hutan lindung, danau ini menghubungkan antara Desa Danau Nibung dengan Desa SP 6. Untuk menjangkaunya, hanya butuh waktu 30 menit berkendara dari pusat pemerintahan Kabupaten Mukomuko. Akses menuju lokasi tak perlu dikhawatirkan, karena sepanjang jalan sudah beraspal.

Memiliki luas 1615 hektar, danau yang semula berupa rawa ini kini mulai jadi objek wisata unggulan Provinsi Bengkulu, khususnya di Kabupaten Mukomuko. Bahkan dari sekian banyak objek wisata yang ada, Danau Nibung mendapat perhatian khusus dari Pemprov Bengkulu. Hal itu dibuktikan dengan ditetapkannya danau tersebut sebagai “Destinasi Wisata Wonderful 2020”.

Danau Nibung
(Instagram: @vps198)

Baca juga : Penerbangan Bengkulu Mukomuko Makin Melebarkan Sayap Lion Group

Sejuknya alam perbukitan yang dikelilingi hutan tropis, adalah pemandangan pertama yang akan menyambut kedatangan Anda di danau ini. Keindahan demi keindahan berikutnya akan semakin terasa ketika Anda mulai berkeliling di sekitar lokasi.

Fasilitas di Sekitar Danau Nibung

Spot-spot menarik dengan background danau yang cantik, akan memberi kesan berwarna dalam mengabadikan momen ketika berkunjung kesini. Oleh karenanya, pastikan agar tidak lupa menyertakan kamera dalam perlengkapan yang Anda bawa.

Wahana Payung
(Instagram: @sintacloudia03)

Setelah puas berkeliling, manfaatkan gazebo yang tersedia untuk sejenak mengurai lelah. Dan manakala suara-suara dari dalam perut mulai meresahkan jiwa, Anda bisa menenangkannya dengan mendatangi kantin-kantin yang juga tersedia di sana. Ditemani semilir angin, tentu akan menambah selera dalam menyantap aneka menu hidangan yang tersedia.

Selain fasilitas-fasilitas yang ada, pihak pengelola juga telah melengkapi tempat ini dengan beberapa fasilitas pendukung lainnya. Seperti Musholla, MCK, tempat parkir, hingga Villa juga tersedia bagi Anda yang berniat menginap di sekitar lokasi Danau Nibung. Cukup lengkap, bukan?

Perahu Motor
(Instagram: @mlsimbolon)

Harga Tiket Masuk

Untuk masuk ke objek wisata ini sementara masih digratiskan. Anda hanya perlu membayar uang parkir sebesar Rp. 3.000 – Rp. 5000 saja. Tentu jika pengelolaannya sudah maksimal, standar harga tiket masuk nantinya akan diterapkan.

Itulah sedikit gambaran tentang objek wisata alam Danau Nibung Mukomuko. Semoga informasinya bermanfaat sekaligus bisa menjadi referensi bagi Anda yang dalam waktu dekat punya rencana liburan di Bumi Rafflesia, Bengkulu.

Peta Lokasi

#SalamTebarPesona

Berikan Tanggapan Anda!