Melebur Penat Bersama Cantiknya Danau Ranau OKU Selatan

Danau Ranau OKU Selatan – Pernah mengunjungi objek wisata cantik yang berada di OKU Selatan? Jika belum, mulailah dengan membaca artikel ini sebagai bahan referensi sebelum Anda berkemas untuk menikmati segala keindahan yang ada di dalamnya!

Sumber stres terbesar dalam hidup adalah LELAH! Apapun penyebabnya, yang pada akhirnya akan menciptakan bahasa kekinian berjudul GEGANA alias Gelisah, Galau, dan Merana. Jika dalam bahasa lawas mungkin bisa disebut dengan istilah SUMPEK.

Salah satu cara mudah meregangkan otot dan saraf yang sesak oleh berbagai penat adalah berlibur. Dengan menghirup udara segar dan menikmati keindahan alam yang tercipta, rasanya menjadi salah satu obat mujarab untuk melebur segala kesumpekan yang melanda.

Maka pada kesempatan kali ini, Tebar Pesona Travel mengajak Anda untuk melebur penat di salah satu objek wisata cantik yang terletak di perbatasan Kabupaten OKU Selatan Provinsi Sumatera Selatan dan Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung, Danau Ranau. Ya. Itu!
 

Akses Menuju Danau Ranau

Danau terbesar kedua di Sumatera setelah Danau Toba ini terletak di Kecamatan Banding Agung, Kabupaten OKU Selatan (Dulunya masuk dalam wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu), Sumatera Selatan.

Berjarak sekitar 50 kilometer dari Muaradua, Ibukota OKU Selatan, lebih kurang sekitar 130 kilometer dari Kota Baturaja, dan butuh waktu sekitar 7 jam perjalanan menggunakan transportasi darat bila ditempuh dari Kota Palembang dengan jarak sekitar ± 342 kilometer.
 

Lihat juga : 10 Tempat Wisata Menarik di Baturaja Sumatera Selatan

 

Namun jika bertolak dari Kota Bandar Lampung, ada dua rute pilihan untuk menuju objek wisata Danau Ranau ini. Yang pertama melalui jalur Lintas Liwa dengan jarak sekitar 231 kilometer, dan rute lainnya melalui jalur Lintas Sumatera dengan jarak sekitar 284 kilometer.

Nah, bagi Anda yang hendak memulai perjalanan menuju Danau Ranau dengan berkendara dari Kota Bandar Lampung melalui Lintas Liwa, rute yang harus Anda lintasi adalah Branti, Bandar Jaya, Kotabumi, dan terus melaju hingga Anda menemukan Simpang Bukit Kemuning. Dari persimpangan tersebut, langsung belok kiri menuju Liwa, Lampung Barat.

Sesampainya di Kota Liwa, Anda bisa beristirahat sejenak untuk meluruskan pinggang dan kaki sebelum melanjutkan perjalanan menuju Danau Ranau yang jaraknya tersisa 31 kilometer lagi.

Setelah melewati Desa Kota Batu, lalu Desa Sukamarga, maka Anda akan memasuki Kecamatan Banding Agung, Kabupaten OKU Selatan yang tidak lain merupakan tempat terbentangnya danau indah tersebut.

Sementara jika Anda memilih jalur Lintas Sumatera, perjalanan awal tetap melalui jalur yang sama dengan jalur Lintas Liwa. Yakni dengan melintasi Branti, Bandar Jaya, Kotabumi, hingga sampai ke Bukit Kemuning. Namun bedanya, setelah sampai Simpang Bukit Kemuning Anda jangan belok ke kiri, melainkan terus saja melaju mengikuti jalan lintas ke arah Martapura.

Setelah melewati Kabupaten Way Kanan, selanjutnya Anda akan memasuki Kecamatan Way Tuba. Perlu diketahui, bahwa Way Tuba memiliki Bandara Gatot Subroto atau Lanudad Gatsu dan Stasiun Waytuba. Way Tuba juga sekaligus menjadi perbatasan antara Provinsi Lampung dengan Provinsi Sumatera Selatan.

Sekitar ± 18 kilometer melaju dari Way Tuba, akan mengantarkan Anda memasuki Provinsi Sumatera Selatan, yaitu Martapura. Nah, di Martapura ini Anda akan menemukan Simpang 4. Jika lurus menuju Kota Baturaja, ke kanan menuju Belitang, dan ke kiri menuju Muaradua, OKU Selatan. Belok kiri!

Butuh waktu tempuh selama 2 jam berkendara dari Simpang Martapura untuk sampai di tujuan, Danau Ranau!

Atau dengan berbagai alasan mungkin Anda berencana menempuh perjalanan dengan menggunakan transportasi umum, maka transportasi darat jenis Travel atau Bus yang melintasi rute tersebut bisa dijadikan pilihan.
 

Anda bisa mencoba salah satu jasa : Travel dari Lampung ke Muaradua, Sumatera Selatan

 

Meskipun jarak antara kedua jalur tersebut terpaut 50 kilometer lebih, namun waktu tempuh dari Bandar Lampung menuju Danau Ranau hampir sama. Baik melalui Jalan Lintas Liwa maupun melalui Jalan Lintas Sumatera, sama-sama memakan waktu kurang lebih sekitar 7 jam perjalanan.

Akan tetapi, sedikit berbeda jika Anda menggunakan transportasi darat jenis bus. Entah atas faktor apa yang menyebabkan perjalanan Anda seolah terasa agak sedikit lambat jika dibandingkan dengan menggunakan transportasi jenis travel atau dengan membawa mobil pribadi.

Namun, ada sisi menguntungkan dengan menempuh perjalanan menggunakan bus. Yaitu lebih menghemat pos pengeluaran melalui harga tiket bus yang sedikit agak murah. Diantara sekian banyak bus, sebaiknya Anda memilih Bus Ranau Indah sebagai sarana transportasi untuk menuju Danau Ranau.
 

Sebagai pertimbangan, Anda bisa melihat daftar : Harga Tiket Bus Ranau Indah Rute Sumatera dan Jakarta

 

Sesuai namanya, bus tersebut dipastikan akan membawa Anda menuju OKU Selatan yang merupakan kawasan dari objek wisata Danau Ranau. Bahkan Anda yang berada di Jakarta sekalipun bisa menumpang bus ini, karena memang Ranau Indah melayani rute Jakarta dan berbagai daerah di OKU Selatan dan sekitarnya dengan melewati Provinsi Lampung.
 

Keseruan Lebih dalam Menikmati Keindahan Danau Ranau

Jika waktu tempuh selama ± 7 jam perjalanan dari Kota Bandar Lampung telah mengantarkan Anda untuk melihat pemandangan seperti pada gambar di bawah ini, bisa dipastikan bahwa Anda benar-benar sudah sampai di Danau Ranau. Yuhuu!

Danau Ranau

Panorama Alam Danau Ranau

Perjalanan setengah hari dari Kota Bandar Lampung terbayar lunas mulai dari pertama kali Anda menjejakkan kaki di tempat ini. Dan langkah demi langkah selanjutnya, merupakan bonus yang wajib untuk Anda nikmati di danau ini!

Danau yang terbentuk akibat gempa besar dan letusan vulkanik dari gunung berapi tersebut memiliki panorama alam yang sangat menawan. Ditambah cuaca sejuk dari Gunung Seminung yang menyelimuti danau ini, benar-benar menghadirkan perpaduan alam yang sungguh memukau.

Keseruan lebih dalam menikmati keindahan Danau Ranau adalah dengan berkeliling menggunakan perahu yang banyak disewakan di pelabuhan sekitar danau dengan harga sewa sebesar Rp300 ribu.

Danau Ranau

Perahu Sewaan di Danau Ranau

Kemahalan? Rasanya tidak, sebab kapasitas perahu ini mampu menampung hingga lebih dari 10 orang penumpang. Jadi semisal Anda memang berjumlah sesuai kapasitas tersebut, tolong dihitung sendiri ya, berapa biaya per orang?! Murah atau kemurahan?

Meski biaya sewa cukup murah, tetap mubazir jika Anda tidak melabuhkan perahu tersebut di Pulau Marisa yang berada di tengah danau tenang ini.

Danau Ranau

Pulau Marisa di Danau Ranau

Ya. Jika Danau Toba memiliki Pulau Samosir, maka di Danau Ranau pun terdapat pulau bernama Pulau Marisa. Sedikit menyamai lah, ya! Pulau yang banyak ditumbuhi pohon kelapa tersebut memiliki sumber air panas di dalamnya. Anda bisa merasakan uap hangat di sekitar pulau mungil ini.

Lalu setelah puas berkeliling, jika Anda ingin menghangatkan badan dari serangan dingin udara pegunungan, Anda bisa menuju kolam pemandian air panas di kaki Gunung Seminung. Harap berhati-hati jangan sampai telurnya matang. Peringatan ini khusus bagi yang membawa telur ya, sebab air di kolam ini cukup panas! Hehe

Danau Ranau

Kolam Air Panas di Danau Ranau

Kolam pemandian air panas juga dilengkapi paviliun berukuran cukup besar. Selain digunakan sebagai tempat berganti pakaian bagi yang ingin berenang, paviliun inipun lebih cocok untuk tempat bersantai menikmati keindahan alam sekitar.

Masih kurang puas dengan keindahan di sekitar danau? Coba bergeser ke luar dengan menyusuri jalan di pinggiran Danau Ranau sekitar 300 meter untuk menemukan Air Terjun Subik Tuha.

Danau Ranau

Air Terjun Subik Tuha di Danau Ranau

Memiliki ketinggian 25 meter dengan lebar 3 meter, kesejukan air terjun yang bermata air dari Gunung Seminung ini bisa melengkapi koleksi Instagram Anda. Mulailah dengan berselfi-ria di bawah gemericiknya!

Dan bila waktu yang ada tidak cukup untuk menikmati keindahan Danau Ranau secara keseluruhan, ada baiknya Anda menginap meski hanya sehari atau semalam. Masih cukup banyak kegiatan seru lainnya yang bisa Anda lanjutkan pada keesokan harinya.

Terdapat banyak penginapan di sekitar objek wisata danau ini, seperti Wisma milik PT. PUSRI salah satunya. Penginapan yang bersebelahan langsung dengan Danau Ranau ini ditawarkan dengan harga mulai dari Rp250 ribu hingga Rp450 ribu per malam. Bijimana? Mahalkah?

Danau Ranau

Penginapan di Danau Ranau

Ahh! Rasanya tidak cukup 7 cangkir kopi jika harus memuji dari A hingga Z tentang kecantikan dan keindahan danau yang satu ini. Dan mungkin Anda memang harus benar-benar ke sana untuk melengkapi cerita ini!

Dan pada akhirnya, tidak salah jika Danau Ranau adalah tempat yang tepat untuk menumpahkan segala lelah yang bersemayam. Baik di dasar jiwa, maupun di dalam raga. Sampai di sini!

#SalamTebarPesona
 

Mungkin Anda juga menyukai

2 Respon

  1. Tempatnya bagus banget gan, tiket masuknya tempat wisatanya berapa gan ?

    • Halo Juwita,

      Untuk masuk ke tempat secantik Danau Ranau ini pengunjung hanya dikenakan tarif sebesar Rp. 2000 saja per orang. Cukup murah ya …

      Ayo, ke Danau Ranau 😁

Berikan Tanggapan Anda!

error: Konten Dilindungi !!