Mengenal Beragam Kendaraan Dunia di Museum Angkut Kota Batu

Tebarpesonatravel.com – Pernah mendengar tentang destinasi wisata Museum Angkut Kota Batu? Yupz, sesuai dengan namanya, Museum Angkut memang merupakan sebuah obyek wisata pertama di kawasan Asia tenggara yang mengangkat tema berbagai jenis kendaraan transportasi, khususnya koleksi kendaraan tempo doeloe.

Dengan lahan seluas 3,8 hektar, terdapat lebih dari 300 koleksi mobil dipamerkan di obyek wisata yang dikelola oleh Jawa Timur Park Group ini. Penasaran? Berikut Tebarpesona sajikan ulasan lengkap tentang destinasi unik yang tak pernah sepi dari pengunjung setiap harinya.

Kunjungi juga : Jatim Park 2 Kota Batu, Destinasi Kebanggaan Jawa Timur

Wahana Unik di Museum Angkut Kota Batu

Museum yang mulai dibuka untuk umum pada tahun 2014 silam ini memiliki beraneka macam koleksi alat transportasi. Mulai dari yang masih bernuansa tradisional seperti kendaraan becak, dokar, dan sepeda onthel sampai beragam alat transportasi yang sudah memanfaatkan tenaga mesin.

Anda bisa menikmati berbagai wahana unik dan menarik di Museum Angkut yang terbagi menjadi beberapa zona berikut ini;

Museum Angkut Kota Batu

Zona Hall Utama Museum Angkut

Zona Hall Utama

Merupakan spot pertama yang perlu Anda kunjungi. Di ruang ini Anda akan disuguhi oleh beragam koleksi alat yang berasal dari berbagai zaman dan negara. Tak ketinggalan masing-masing dari koleksi tersebut juga dilengkapi dengan hiasan lampu sedemikian rupa agar menciptakan kesan yang elegan.

Zona Edukasi

Di ruangan seluas 900 meter persegi ini Anda bisa memperoleh berbagai infomasi terkait dengan sejarah angkutan dari zaman ke zaman, baik angkutan-angkutan yang ada di Indonesia maupun di dunia. Yang menarik di zona ini yaitu adanya seri Chrysler Windsor Deluxe, salah satu mobil yang pernah dipakai oleh Presiden Pertama RI, Soekarno.

Zona Sunda Kepala & Batavia

Bila masuk ke zona ini, Anda pastinya akan merasa ditarik kembali ke masa-masa tempo dulu saat Jakarta masih menjadi sebuah pelabuhan tersohor pada jaman kolonial Belanda. Selain menghadirkan suasana khas Batavia, di zona ini juga terdapat sebuah menara Syahbandar dan tentunya berbagai macam koleksi angkutan.

Zona Gangster Town & Broadway Street

Zona Gangster Town adalah sebuah ruangan yang khusus dirancang dengan mengusung tema Al Capone, seorang gangster tersohor yang hidup di tahun 70-an dan siap membawa Anda ke dalam dunia gangster.

Museum Angkut Kota Batu

Zona Gangster Town & Broadway Street

Sementara Broadway street ditampilkan sebagai tempat impian para artis ternama dunia, lengkap dengan model-model angkutan di dalamnya. Bila masuk ke zona ini Anda juga bisa berfoto dengan menggunakan kostum ala-ala gangster serta background bernuansa Museum Angkut.

Zona Eropa

Sesuai dengan namanya, Zona Eropa memang menyajikan sebuah kota bertema Italia, Jerman, London, serta Prancis yang dibalut dengan nuansa malam. Di ruangan ini Anda juga bisa melihat koleksi berbagai angkutan dari belahan Eropa yang melengkapi suasana kota.

Zona Istana Buckingham

Sebagai kerajaan paling berpengaruh di dunia, maka tak heran bila Inggris mampu menghasilkan berbagai jenis angkutan berkelas seperti mobil Rolls Royce, Royal Enfield, serta tak ketinggalan mobil LandRover, kendaraan yang pernah dipakai oleh Ratu Elizabeth saat lawatannya ke Australia.

Museum Angkut Kota Batu

Zona Buckingham Museum Angkut

Nah, untuk menuangkan segala kemegahan Inggris Raya, dibuatlah Zona Istana Buckingham lengkap dengan bangunan istananya serta situasi kota metropolitan London di malam hari. Hemm … pastinya menarik sekali bukan, berkeliling di zona ini?

Zona Las Vegas

Bila Zona Istana Buckingham menggambarkan kemegahan Inggris, maka Zona Las Vegas akan mewarnai malam Anda dengan suasana khas Amerika yang dimulai dari gerbang Las Vegas.

Zona Hollywood

Pada Zona Hollywood Anda bisa menemukan deretan replika kendaraan yang digunakan dalam pembuatan film Hollywood.

Museum Angkut Kota Batu

Zona Hollywood Museum Angkut

Zona Flight Training

Zona Flight Training berada di lantai 3. Bila berkunjung ke spot ini Anda bisa merasakan sensasi menjadi seorang pilot di ruang yang sudah dimodifikasi seperti layaknya ruangan cockpit di dalam pesawat. Namun untuk bisa masuk ke zona ini, Anda terlebih dahulu harus membeli tiket boarding pass yang dijual di kasir kafetaria. Untuk lokasi kafetarianya terletak di belakang ekor pesawat.

Zona Pasar Apung

Bila Anda ingin belanja oleh-oleh khas Batu, souvenir, serta merchandise ala-ala Museum Angkut, Anda bisa mendapatkannya di Zona Pasar Apung. Tak ketinggalan berbagai kuliner tradisional pun turut meramaikan suasana di spot ini.

Museum Angkut Kota Batu

Zona Pasar Apung Museum Angkut

Selain itu, bila berkunjung ke Zona Pasar Apung Anda juga dapat menemukan berbagai macam kerajinan serta lukisan khas para seniman Kota Batu. Mulai dari seni batik, ukir-ukiran, lukisan, dan lain sebagainya. Dan bagi yang berminat juga bisa mempelajari seni kerajinan tersebut langsung dengan para seniman yang ada di sana.

Zona D’topeng Kingdom

Nah, kalau zona yang satu ini khusus menampilkan berbagai warisan budaya yang dimiliki oleh Indonesia.

Harga Tiket, Fasilitas dan Jam Operasional Museum Angkut Kota Batu

Harga Tiket Masuk
Untuk harga tiket masuk ke Museum Angkut, pada hari Senin sampai Jumat dikenakan Rp70 ribu per orang. Sementara bila Anda berkunjung pada hari Sabtu atau Minggu harga tiketnya menjadi Rp80 ribu.

Fasilitas Umum
Sebagai salah satu wisata di Kota Batu yang populer, Museum Angkut memiliki fasilitas yang cukup memadai. Mulai dari akomodasi untuk penginapan di sekitar lokasi, restoran, kamar mandi, tempat untuk beribadah, serta area parkir yang luas.

Jam Operasional
Obyek wisata Museum Angkut Kota Batu buka setiap hari dari Senin sampai Minggu pukul 12.00 sampai dengan 20.00 WIB. Sementara untuk loketnya, dibuka satu jam lebih awal yakni pada pukul 11.00 dan akan tutup pada pukul 19.00 WIB.

Alamat Museum Angkut Kota Batu

Berada tidak jauh dari pusat Kota Batu, cukup mudah untuk menemukan lokasi Museum keren di Jawa Timur ini. Jika Anda sudah tidak sabar ingin segera mengunjunginya, berikut alamat lengkap dan kontak yang bisa Anda hubungi.

Museum Angkut Kota Batu
Jl. Sultan Agung No. 2, Ngaglik,
Kota Wisata Batu, Jawa Timur
Telepon: (0341) 595007
Info lengkap: Jatim Park Group

Demikian sedikit ulasan tentang Museum Angkut di Kota Batu yang bisa Tebarpesona sajikan pada akhir pekan ini. Mengingat berbagi tidak melulu harus materi, maka cukuplah kiranya Anda membagikan informasi di atas melalui tombol share yang tersedia di bawah ini. Selamat berkunjung!

#SalamTebarPesona

Rustam Renaldy

Satu dari seperempat milyar lebih penduduk Negeri ini yang hobi menyeruput kopi hitam dalam menyatukan inspirasi!

Mungkin Anda juga menyukai

Berikan Tanggapan Anda!