Wisata Alam di Lampung Barat

Kubu Perahu Menjadi Unggulan Wisata Alam di Lampung Barat

Kubu Perahu Menjadi Unggulan Wisata Alam di Lampung Barat – Bicara tentang tempat wisata di Lampung Barat, pastilah Anda sudah cukup akrab dengan ketinggian ombak setara di Hawaii dari Pantai Tanjung Setia. Atau mungkin Pantai Teluk Kiluan yang bisa dibilang sebagai habitatnya lumba-lumba.

 

Lihat : Memacu Adrenalin dalam Gulungan Ombak di Pantai Tanjung Setia

 

Namun selain objek wisata pantai tersebut, ada salah satu wisata alam dengan pemandangan indah bernuansa alami bernama Kubu Perahu. Untuk menjelajahi Wisata Alam di Lampung Barat ini, Anda hanya dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 1.500 per orang. Sementara untuk tiket masuk wisatawan mancanegara dikenakan tarif sebesar Rp. 15.000 per orang.

Kubu Perahu merupakan perbukitan yang dikelilingi sungai dan hutan dengan pohon-pohon raksasa yang telah berusia ratusan tahun. Adapun pohon-pohon ini merupakan jenis pohon yang dilindungi pemerintah. Diantaranya pohon Rengas, pohon Kruing, dan pohon Meranti.

 

Satwa Langka Turut Menemani Petualangan Anda di Kubu Perahu

Wisata Alam di Lampung Barat ini menyuguhkan tantangan bagi Anda yang hobi menjelajah hutan. Selama bertualang di Kubu Perahu, Anda akan sering menjumpai beragam jenis burung-burung langka seperti burung elang, tokhtor sunda, burung rangkong badak, dan jenis-jenis burung lainnya yang dilindungi.

Bahkan tidak jarang pula Siamang dan Wawau bergelayutan dari pohon ke pohon diiringi satwa lain seperti gajah sumatera, rusa sambar, beruk, cecah, monyet ekor panjang dan semacamnya, yang seolah ingin berbaur untuk menemani Anda selama menjelajahi lokasi Kubu Perahu.

Wisata Alam di Lampung Barat

Salah satu tujuan favorit para wisatawan yang berkunjung ke Kubu Perahu ini adalah ketiga air terjun cantik didalamnya. Air terjun Way Asah dengan ketinggian 70 meter, air terjun Sepapahan Kanan yang memiliki ketinggian 60 meter dengan dua unggakan atau tingkatan, dan air terjun Sepapahan Kiri dengan ketinggian 20 meter. Gemericik dan beningnya air terjun ini cukup menggoda untuk mandi dan berselfi ria dibawahnya.

Wisata Alam di Lampung Barat

Demi mendukung kunjungan wisatawan, pengelola Kubu Perahu menyediakan fasilitas penunjang berupa beberapa tempat istirahat yang dilengkapi MCK. Bahkan di lokasi objek wisata ini juga terdapat Pusat Bumi Perkemahan (Buper) yang memungkinkan pengunjung untuk kamping dan bermalam dengan menggelar tenda di areal ini.

 

Rute Perjalanan Menuju Wisata Alam di Lampung Barat – Kubu Perahu

Wisata Alam di Lampung Barat yang satu ini terletak diantara Kota Liwa dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS). Tepatnya di Pekon Kubu Perahu, Kecamatan Balik Bukit, Kabupaten Lampung Barat. Dengan jarak ± 5 kilometer dari kota Liwa, dan hanya butuh waktu tempuh sekitar ± 10 menit saja untuk mencapai lokasi ini.

Namun jika ditempuh dari Kota Bandar Lampung, ada dua rute pilihan untuk menuju Kubu Perahu. Melalui Lintas Tengah dengan melewati Bandara Radin Inten II, Bandar Jaya, Kotabumi, Bukit Kemuning, setelah itu Anda memasuki kota Liwa, untuk selanjutnya menuju lokasi yang sudah tidak terlalu jauh lagi. Sedangkan bila melalui Pesisir Barat Lampung, maka Anda akan melewati Pringsewu, Talang Padang, Gisting, Kota Agung, Bengkunat, Krui, lalu menuju kota Liwa untuk kemudian mencapai objek wisata alam Kubu Perahu.

Jika Anda penasaran dan tengah merencanakan perjalanan menuju Kubu Perahu, jangan khawatirkan masalah sarana transportasi. Ada banyak jasa angkutan umum seperti Bus dan jasa angkutan Travel yang bisa mengantarkan Anda ke tujuan tersebut. Berjarak sekitar 241 kilometer dengan waktu tempuh sekitar ± 7 jam, Tebar Pesona Travel siap menemani perjalanan Anda dari Kota Bandar Lampung menuju Kota Liwa, Lampung Barat, untuk mencapai Kubu Perahu.

Dengan nuansa alami dan segala keindahan dari Kubu Perahu, rasanya Anda patut mencoba Wisata Alam di Lampung Barat yang satu ini. Selamat mencoba!

#SalamTebarPesona

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.