Perbedaan Antara Travel dengan Shuttle

Memahami Perbedaan Antara Travel dengan Shuttle

Perbedaan Antara Travel dengan Shuttle – Semakin meningkatnya mobilitas kunjungan antar kota di tengah masyarakat belakangan ini, secara otomatis kebutuhan akan layanan moda transportasi pun turut meningkat. Hal tersebut yang menjadi alasan para pebisnis transportasi saling berlomba menawarkan berbagai pelayanan dan fasilitas jasanya. Tidak terkecuali pelaku bisnis jasa transportasi darat seperti Travel dan Shuttle.

Ya, dibandingkan dengan transportasi umum lain, kedua jenis transportasi darat ini memang cukup efektif dalam menunjang kebutuhan transportasi saat ini. Dengan alasan cepat, praktis dan ekonomis, jasa angkutan Travel dan Shuttle menjadi sarana transportasi yang paling digemari masyarakat pengguna jasa transportasi umum.

Namun, tidak sedikit yang belum memahami perbedaan antara Travel dengan Shuttle dalam istilah bidang jasa transportasi. Perlu diketahui, bahwa secara garis besar cara kerja dari kedua jenis transportasi ini sama. Yakni sama-sama angkutan umum yang melayani atau membawa dan mengantar penumpang dari satu kota ke kota lainnya.

Letak perbedaan antara Travel dengan Shuttle adalah, jenis angkutan Travel melayani penumpang dengan sistem door to door atau jemput di alamat pemesan, lalu diantarkan sampai alamat tujuan. Sedangkan untuk jenis Shuttle, penumpang yang mendatangi tempat penyedia jasa (pool). Di pool inilah titik tempat berkumpulnya penumpang, untuk kemudian dibawa dan diturunkan pada satu tempat yang telah ditentukan.

Jika diibaratkan, layanan Travel sama dengan sistem Taksi Argo atau Taksi Online, sementara layanan Shuttle sama halnya dengan pesawat terbang atau kereta api. Yang mana pesawat terbang dan kereta api menjadikan bandara atau stasiun sebagai titik bertemu atau berkumpulnya penumpang, sedangkan Shuttle mengumpulkan dan mengantarkan penumpang dari pool ke pool sesuai jurusan.

 

Lihat : Taksi Trans Lampung Resmi Beroperasi Sebagai Pemandu Moda Bandara Radin Inten

 

Hal Mendasar yang Menjadi Perbedaan Antara Travel dengan Shuttle

Jauh sebelum Shuttle hadir, jasa angkutan Travel dirasa cukup nyaman dengan layanan door to door nya. Sementara kehadiran Shuttle saat inipun dianggap jauh lebih on time dalam hal jadwal keberangkatan. Dibandingkan Travel yang harus berkeliling terlebih dahulu untuk menjemput satu persatu penumpang, Shuttle dianggap lebih efisien karena hanya berangkat dari satu titik ke satu titik tujuan. Berikut ini hal mendasar yang menjadi kelebihan dan kekurangan sebagai perbedaan antara Travel dengan Shuttle;

TRAVEL

Kelebihan :
+ Penumpang dijemput dari rumah kemudian di antar ke alamat tujuan (door to door).

Kekurangan :
– Jam berangkat sering molor disebabkan harus menjemput satu persatu alamat penumpang.
 

SHUTTLE

Kelebihan :
+ Jam berangkat tepat waktu sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

Kekurangan :
– Penumpang harus datang ke pool yang telah ditentukan.
– Keterlambatan sampai di pool akibat kesalahan penumpang, bukan tanggung jawab penyedia jasa Shuttle.

Perbedaan Antara Travel dengan Shuttle
Citi Trans : Salah Satu Shuttle Service Jurusan Bandung – Jakarta – PP

Untuk kapasitas antara Travel dan Shuttle, disesuaikan dengan armada atau jenis kendaraan dan kebijakan masing-masing perusahaan. Biasanya untuk kapasitas Travel, jika menggunakan armada Kijang Innova atau Daihatsu Luxio, muatan tidak lebih dari 7 penumpang, armada L300 8 penumpang, dan 11 penumpang untuk armada jenis Isuzu ELF. Jumlah penumpang tersebut belum termasuk pengemudi.

Untuk Shuttle sendiri, jenis kendaraan yang dioperasikan biasanya menggunakan Isuzu ELF dan Toyota Hiace. Menerapkan kapasitas 10 penumpang untuk armada ELF, dan Toyota Hiace dengan kapasitas 12 penumpang, belum termasuk pengemudi.

Adapun untuk tarif, antara Travel dan Shuttle menerapkan tarif yang tidak jauh berbeda. Menyesuaikan jurusan atau kota yang menjadi tujuan penumpang. Jikapun terdapat perbedaan harga, hanya terletak pada adanya fasilitas tambahan seperti makan atau snack.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan masing-masing dari kedua jenis jasa transportasi darat ini, yang pasti kehadirannya mampu diterima dan semakin mempermudah kebutuhan transportasi masyarakat yang selalu akrab dengan mobilitas tinggi seperti sekarang ini.

Nah, itulah perbedaan antara Travel dengan Shuttle yang belum banyak diketahui. Jika Anda rasa informasi ini bermanfaat, silakan berbagi melalui tombol yang tersedia. Dan jika ada hal yang perlu disampaikan, kolom komentar selalu terbuka untuk Anda.

#SalamTebarPesona

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.