Pantai Batu Bengkung

Meluruskan Hati dan Pikiran di Pantai Batu Bengkung Malang

Tebarpesonatravel.com – Malang merupakan salah satu destinasi wisata paling favorit di Jawa Timur. Bukan hanya karena keindahan dan keramaian kotanya saja, Malang juga memiliki bentang alam yang menakjubkan. Termasuk Pantai Batu Bengkung, yang akan Tebarpesona review kali ini.

Sebelum sampai di pantai ini, Tebarpesona baru saja mengulas salah satu obyek wisata unik yang ada di Kota Batu yaitu Pemandian Air Panas Cangar. Ya, bisa dikatakan unik karena air panas di sana mengandung banyak khasiat untuk kesehatan. Anda bisa mengintipnya dalam tulisan berjudul Selain Mengusir Penat, Wisata Air Panas Cangar Juga Bisa Mengusir Berbagai Penyakit!.

Bagi Anda penggemar pantai, berlibur ke Malang memang merupakan pilihan yang tepat. Di wilayah Malang selatan berderet gugusan pantai yang memiliki pemandangan luar biasa dengan nuansa yang khas.

Pemandangan indah tersebut didukung dengan pasir pantai yang putih bersih dengan air yang benar-benar jernih dan gulungan ombaknya yang cantik. Diantaranya, ada Pantai Balekambang, Pantai Goa Cina, Pantai Bajulmati, dan masih ada puluhan pantai lainnya, yang salah satunya adalah Pantai Batu Bengkung.

 

Lokasi Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung terletak di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Pantai ini memiliki pemandangan yang sangat eksotis, jajaran batu karang yang kokoh dan terjal menambah keindahan pantai ini.

Uniknya lagi, melalui proses alam, bukit-bukit karang yang ada di bibir pantai secara alami membentuk sebuah kolam panjang yang bisa Anda gunakan untuk berenang selagi air lautnya surut.

Pantai Batu Bengkung merupakan daratan yang menjorok ke laut (tanjung) dengan luas area pantai kurang lebih sekitar 4 hektar dengan garis pantai sepanjang 300 meter. Bebatuan karang di sekitar Pantai Batu Bengkung ditutupi dengan lumut-lumut berwarna hijau sehingga Anda harus berhati-hati ketika sedang menyusuri bebatuan karang.

 

Sejarah Pantai Batu Bengkung

Pantai eksotis di Malang Selatan ini diberi nama Batu Bengkung karena masih ada hubungannya dengan jajaran batu karang yang mengelilingi pantai. Dimana bebatuan karang tersebut membentuk sebuah kolam panjang yang letaknya melengkung.

Versi lain menyebutkan bahwa jajaran bebatuan karang tersebut menyerupai wanita yang sedang dibengkung (bengkung = tradisi wanita Jawa agar ramping kembali setelah melahirkan).

Pantai Batu Bengkung
Bebatuan karang yang melengkung

Pantai Batu Bengkung berada di tepian Samudera Hindia sehingga ombaknya cukup besar dan menantang. Karena itulah, ada larangan agar tidak mandi dan berenang di pantai ini.

Hanya saja tidak selalu demikian. Sebab di beberapa kesempatan, akan ada Tim SAR yang memberi pengumuman bahwa pantai bisa digunakan untuk berenang atau mandi. Jadi bisa dibilang, hal ini di pengaruhi oleh keadaan angin dan ombak.

Aktivitas lain yang bisa Anda lakukan adalah mengunjungi pantai ini saat sore hari, karena Anda bisa menikmati keindahan sunset (matahari terbenam) dari tepian pantainya. Dan kalaupun Anda ingin berkemah di sini, Anda juga diperbolehkan.

Pantai Batu Bengkung
Panorama Senja di Pantai Batu Bengkung

Jika Anda ingin mencoba sesuatu yang lebih menantang, Anda bisa memanjat tebing yang memiliki kemiringan nyaris 90 derajat. Tak perlu khawatir, sebab di sini disediakan tali pengaman yang bisa Anda gunakan saat memanjat tebing.

Harga tiket dan fasilitas di Pantai Batu Bengkung

Untuk bisa menikmati keindahan Pantai Batu Bengkung, Anda cukup membayar tiket retribusi sebesar Rp. 7.500 dan parkir Rp 5.000 untuk 1 hari. Jika kebetulan ingin bermalam, maka Anda akan dikenakan biaya parkir inap sebesar Rp. 10.000 per kendaraan.

Tersedia mushola dan toilet yang cukup memadai di pinggiran pantai. Tak hanya itu saja, untuk menemukan penjaja makanan dan minuman di sekitar pantai yang buka setiap hari selama 24 jam inipun tidaklah terlalu sulit.

Akses Menuju ke Pantai Batu Bengkung

Jika Anda dari arah Malang, Anda bisa menuju ke arah Turen lalu berbelok ke selatan menuju Sumbermanjing Wetan. Teruskan perjalanan menuju arah Pantai Sendangbiru. Sesampainya di pertigaan dengan papan penunjuk jalan, ambil kanan ke arah Pantai Goa Cina / Pantai Bajulmati. Pantai Batu Bengkung letaknya 3 km dari Pantai Bajulmati dengan akses jalanan yang berkelok namun sudah beraspal.

Alternatif rute yang kedua dari Malang Kota ke Kepanjen diteruskan ke Kepanjen, Pagak, Bantur atau dari Malang Kota ke Gondanglegi lalu ke Bantur. Lanjutkan perjalanan menuju Pantai Balekambang, hingga sampai ke perempatan, belok kiri untuk meneruskan perjalanan menuju Pantai Batu Bengkung. Banyak yang bilang, rute kedua ini lebih cepat dan akses jalannya lebih baik.

Meski di pinggir pantai dibangun sejumlah gazebo kecil untuk duduk berteduh dan bersantai, namun di sekitar wilayah pantai belum ada penginapan. Jadi jika Anda ingin menginap di Pantai Batu Bengkung, Anda harus membawa tenda sendiri dan berkemah di pantai ini.

Nah, itu dia review Tebarpesona mengenai Pantai Batu Bengkung. Jadi hal yang tak boleh terlupakan jika Anda ingin puas menikmati keindahan salah satu pantai eksotis di Malang Selatan ini ialah, jangan sampai hati dan pikiran ikut melengkung layaknya batu karang yang ada di tepian pantainya, ya!

#SalamTebarPesona

Berikan Tanggapan Anda!