Selain Mengusir Penat, Air Panas Cangar Juga Bisa Mengusir Penyakit!

Tebarpesonatravel.com – Membahas tentang obyek wisata yang ada di Kota Batu Jawa timur, memang tidak akan ada habisnya. Ada banyak sekali obyek wisata alami maupun buatan yang ada di kota ini, termasuk salah satunya Pemandian Air Panas Cangar. Sahabat Tebarpesona pernah dengar?

Jika ingin merasakan sensasi yang berbeda saat berlibur ke Kota Batu, Anda bisa singgah di Pemandian Air Panas Cangar. Pemandian ini bersumber langsung dari mata air yang memancar dari kaki gunung Welirang. Karena berada di lereng gunung, pemandian ini mengandung belerang atau sulfur dengan kadar yang cukup tinggi.

Lokasi Pemandian Air Panas Cangar

Lokasi dari Pemandian Cangar ini masih berada dalam kawasan TAHURA atau Taman Hutan Rakyat R. Soerjo. Tepatnya berada di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.

Apabila Anda pernah menelusuri jalur alternatif Mojokerto-Batu via Pacet, Anda pasti akan melewati pemandian air panas ini. Dan jika Anda dari arah Surabaya, dibanding dari Kota Malang maka akan lebih cepat sampai ke pemandian ini bila melewati jalur tersebut.

Akses menuju Pemandian Cangar memang bisa dibilang cukup sulit, sebab pemandian ini berada di lereng gunung yang cukup tinggi. Meski jalanan-nya sudah beraspal, namun jika Anda kurang piawai dalam berkendara, maka beresiko terjadi rem blong akibat panas yang berlebih, mogok atau bahkan mundur karena tidak kuat menanjak. Jadi, pastikan kendaraan dan skill menyetir Anda cukup mumpuni jika berniat ke sana.

Jika Anda melaju dari arah Kota Batu/Malang, Anda bisa menikmati pemandangan kedua kota tersebut dari ketinggian ribuan MDPL, sekaligus kebun sayur dan bunga-bunga indah yang menakjubkan di sepanjang perjalanan menuju lokasi.

Lalu jika Anda berasal dari arah Mojokerto/Surabaya dan sekitarnya, Anda akan disuguhi hijaunya pemandangan alam yang menyejukkan berupa kawasan hutan lindung yang masih sangat asri.

Intip juga : 5 Tempat Wisata di Kota Surabaya yang Murah Meriah Namun Berkesan

Sesekali Anda akan menjumpai sekawanan monyet liar berjingkrak-ria di dalam kawasan Tahura R. Soerjo ketika melewati akses jalan ini. Hawa segar khas pegunungan dan paduan suara merdu kicau burung bersahutan seolah turut menemani perjalanan Anda.

Air Panas Cangar Berkhasiat Untuk Kesehatan

Untuk bisa mencapai kolam pemandian yang alami maupun buatan, Anda harus menuruni beberapa puluh anak tangga yang terbuat dari bebatuan alami. Mungkin akan sedikit melelahkan, namun rasa lelah itu akan segera terbayar dengan keindahan pemandangan sekitar pemandian serta hangat dan segarnya berendam atau berenang di kolam yang tersedia.

Air Panas Cangar

Air Panas Cangar hangat dan berkhasiat

Oya, perlu sahabat Tebarpesona ketahui, berendam di mata air belerang ini memberikan banyak khasiat untuk kesehatan, di antaranya seperti:

  • Bermanfaat bagi penderita diabetes karena dapat menurunkan kadar gula darah hingga 13% setelah setengah jam berendam.
  • Baik untuk penderita jantung, terutama para pria.
  • Berfungsi sebagai detoksifikasi tubuh, racun akan terbuang bersama uap yang keluar melalui pori-pori kulit yang terbuka.
  • Dapat menyembuhkan rematik, nyeri otot dan pegal-pegal.
  • Memperbaiki sistem pencernaan.
  • Dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.
  • Mengatasi kelelahan, stress dan migrain.

Banyak sekali bukan manfaatnya bagi kesehatan. Jadi tidak salah bahwa selain mampu mengusir penat, berwisata di Pemandian Air Panas Cangar juga bisa mengusir berbagai penyakit. Namun jika untuk mengusir kenangan, mohon maaf, bukan di sini tempatnya! Hehe

Tidak hanya sebatas itu saja, selain bisa menikmati kesegaran dan kehangatan air panas belerang yang berkhasiat, Anda bisa singgah ke Goa Jepang yang masih berada dalam satu kawasan Cangar. Goa tersebut letaknya kurang lebih sekitar 600 meter dari lokasi pemandian air panas ini.

Air Panas Cangar

Goa Jepang Cangar

Dan ketika kentalnya hawa dingin pegunungan terus menyerang hingga terasa menusuk tulang, Anda bisa menangkalnya dengan menyeruput minuman tape ketan hitam yang biasa dijajakan para pedagang di sekitar lokasi pemandian. Minuman ini rasanya khas dan mampu menghangatkan badan.

Harga Tiket Masuk (HTM) di Pemandian Air Panas Cangar

Untuk bisa menikmati kesegaran sekaligus hangatnya mandi di mata air belerang Pemandian Air Panas Cangar, Anda diharuskan membayar Rp. 10.500 per orang untuk wisatawan lokal dan Rp. 25.500 per orang untuk wisatawan asing. Harga tiket masuk ini berlaku untuk pengunjung berusia 5 tahun ke atas.

Namun jika Anda ingin merasakan suasana berbeda dengan berenang di kolam buatan, maka Anda cukup membayar Rp 5.000 per orang. Untuk biaya parkir, sepeda motor dikenakan Rp 3.000 dan parkir mobil Rp 5.000. Area parkir yang disediakan pengelola Pemandian Air Panas Cangar inipun terbilang cukup luas.

Nah, itu dia ulasan singkat yang bisa Tebarpesona sampaikan mengenai keseruan dan keunikan wisata Pemandian Air Panas Cangar di Kota Batu, Jawa Timur. Jika ingin berbagi informasi ini, silakan share melalui tombol yang tersedia. Semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat.

#SalamTebarPesona

Rustam Renaldy

Satu dari seperempat milyar lebih penduduk Negeri ini yang hobi menyeruput kopi hitam dalam menyatukan inspirasi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *