Makanan Khas Bengkulu

Kelezatan Pendap Menjadi Menu Andalan Sebagai Makanan Khas Bengkulu

Kelezatan Pendap Menjadi Menu Andalan Sebagai Makanan Khas Bengkulu – Pendap merupakan satu diantara sekian banyak makanan khas yang ada di Indonesia, dan asalnya dari Bengkulu. Dan ternyata, Makanan Khas Bengkulu ini sudah dikenal sejak masa Hindia-Belanda.

Bahkan menurut sejarah, Pendap menjadi makanan yang digemari oleh Presiden RI Soekarno kala diasingkan di bumi Rafflesia dari tahun 1938-1942 silam. Bagi Anda yang suka dengan olahan ikan, maka akan cocok dengan makanan khas Bengkulu satu ini.

 

Ikan Kembung Sebagai Bahan Utama Pembuatan Pendap

Pendap memiliki bentuk seperti pepes ikan. Perbedaannya terletak pada daun yang digunakan untuk membungkus dan juga tali untuk mengikat. Pendap ini dibungkus dengan lembaran daun talas atau daun pisang yang diikat dengan menggunakan tali rafia. Bahan utama dari Pendap tentu saja ikan. Dan jenis ikan yang dipilih merupakan ikan kembung.

Makanan Khas Bengkulu

Ikan kembung termasuk ikan yang kaya akan omega 3 sebagai asam lemak esensial yang penting bagi tubuh kita. Manfaat dari senyawa omega 3 yang terdapat pada ikan kembung adalah untuk mencegah serangan jantung dan mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Rasa Pendap sendiri identik dengan rasa pedas dan rasa gurih. Cocok dinikmati bersama nasi hangat sebagai santapan lezat penambah selera.

 

Pendap Menjadi Makanan Khas Bengkulu yang Mampu Menebarkan Rasa dari Dalam hingga Luar Negeri

Meskipun berasal dari Bengkulu, makanan khas Pendap ternyata sudah dikenal pula di beberapa kota lain. Seperti di Lampung, Palembang, Jambi, serta Pangkal Pinang. Terlihat dari beberapa Rumah Makan yang menyediakan Pendap dalam daftar menunya.

Baca : Mengenal Seruit Lampung Sebagai Makanan Khas dari Bumi Ruwa Jurai

Bahkan di luar Pulau Sumatera sekalipun, sangat mengenal makanan khas dari bahan utama ikan kembung ini. Seperti orang-orang di Jakarta misalnya, mereka ternyata sudah tidak asing lagi dengan makanan khas Bengkulu bernama Pendap.

Makanan Khas Bengkulu

Dan siapa yang mengira makanan khas dari Bengkulu ini mampu menjadi andalan hingga ke luar negeri. Cita rasa yang terkenal pedas dan gurih, ternyata mampu diterima oleh lidah orang-orang dari luar negeri. Pendap memang memiliki cita rasa yang istimewa sehingga disukai oleh orang-orang yang berada dibeberapa negara. Seperti Jepang, Australia, Belgia, serta masih banyak lagi.

 

Resep Kelezatan Pendap Sebagai Makanan Khas Bengkulu

Bagi Anda yang penasaran dengan resep Pendap, secara sederhana akan dijelaskan sebagai berikut. Bahan utama dari Pendap adalah ikan. Umumnya, menggunakan ikan kembung. Namun, jika Anda kesulitan mendapatkan ikan kembung, atau ingin menggantinya dengan jenis ikan lain tidak masalah. Anda dapat menggunakan ikan kakap merah, ikan jemiin, atau ikan lainnya.

Kemudian siapkan bumbu yang terdiri dari ketumbar, kemiri, laos, daun jeruk purut, bawang merah, bawang putih, asam pede, dan kunyit. Tidak lupa pula menambahkan kelapa rendang dan kelapa muda sebagai ciri makanan khas Bengkulu.

Makanan Khas Bengkulu

Lalu haluskan bumbu-bumbu tersebut, dan gunakan daun talas bersama daun pisang sebagai pembungkusnya. Selanjutnya, ikat Pendap yang sudah dibungkus dengan tali rafia. kemudian Pendap siap dikukus hingga matang. Meskipun terlihat sederhana, namun rasa dari Pendap ternyata jauh lebih lezat dari wujudnya yang terbungkus oleh daun talas atau daun pisang.

Jika selama ini Anda bosan dengan menu ikan pada umumnya, cobalah mencicipi salah satu makanan khas Bengkulu ini. Selamat mencicipi!

#SalamTebarPesona

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.