PO Rosalia Indah

Perjalanan Panjang PO Rosalia Indah dari Jawa hingga Sumatera

Perjalanan Panjang PO Rosalia Indah dari Jawa hingga Sumatera – Bagi pengguna jasa transportasi darat, khususnya bagi yang sering melakukan perjalanan lintas Sumatera dan Jawa dengan menggunakan armada Bus, tentu sudah tidak asing lagi mendengar nama Rosalia Indah.

Ya, perusahaan jasa transportasi darat yang berpusat di Pulau Jawa ini, tepatnya beralamatkan di Jalan Raya Solo – Sragen, km 7,5 Jaten, Karanganyar, Jawa Tengah, merupakan salah satu perusahaan transportasi papan atas dalam deretan Perusahaan Otobus di Indonesia era kini.

Berdiri tiga tahun lebih muda dari PO Puspa Jaya (dulunya​ bernama Puspa Sari), perjalanan sejarah kedua perusahaan inipun hampir sama. Yakni, sama-sama hanya bermodalkan 1 unit armada di awal memulai usahanya. Bedanya, PO Rosalia Indah memulai cerita panjangnya dari Pulau Jawa, sementara PO Puspa Jaya memulai kiprahnya di Pulau Sumatera, tepatnya di Provinsi Lampung.

 

Lihat : Kiprah PO Puspa Jaya dalam Dunia Transportasi

 

Beroperasi mulai tahun 1983 di bawah pimpinan Bapak Yustinus Soeroso bersama sang istri, Ibu Yustina Soeroso, Rosalia Indah menggunakan satu-satunya armada yang dimiliki, yaitu sebuah Isuzu ELF untuk melayani rute Yogyakarta-Solo-Surabaya-Malang. Seiring waktu, empat tahun berselang sejak beroperasi, tepatnya pada Mei 1987, PO Rosalia Indah berusaha mengembangkan bisnis transportasinya dengan mencoba menggunakan armada Bus untuk Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP).

Namun, ibarat peribahasa ‘hidup tidak seindah yang dibayangkan’, begitu pula dengan perjalanan usaha dari Rosalia Indah. Beroperasi tidak terlalu lama dengan Bus AKDP, tiba-tiba nama Rosalia Indah seolah tenggelam di tengah ketatnya persaingan usaha transportasi dalam wilayah Jawa Tengah kala itu.

Jika kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda, mungkin peribahasa itu pula yang menjadi semangat juang Rosalia Indah demi mengembangkan dan memajukan usahanya. Gigihnya perjuangan akhirnya berbuah manis pada tanggal 21 Maret 1991. Di tahun ini Rosalia Indah mengantongi legalitas usaha, yakni izin Biro Perjalanan Umum (BPU), sekaligus diiringi dengan perubahan dan kemajuan usaha yang sangat pesat.

 

Pelayanan Terbaik PO Rosalia Indah Berbuah Penghargaan

Dari waktu ke waktu, Perusahaan Otobus yang dikenal dengan slogan berbunyi “Mitra Setia Perjalanan Anda” ini selalu berbenah dan semakin berkembang. Terlihat dari semakin bertambahnya armada Bus guna memenuhi permintaan konsumen serta melengkapi berbagai trayek antar Provinsi. Dan ketika melihat meningkatnya kebutuhan perjalanan wisata di tengah masyarakat saat ini, PO Rosalia Indah pun kemudian melengkapi bisnisnya dengan menyediakan pula Bus Pariwisata.

PO Rosalia Indah

Untuk armada Bus, PO Rosalia Indah menggunakan pabrikan terkemuka yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya, yakni Mercedez Benz dan Hino. Dari keseluruhan armada Rosalia Indah yang ada, terbagi ke dalam beberapa kelas, seperti Non AC, Patas, VIP, Executive, dan kelas tertinggi Super Executive. Dengan terbaginya berbagai kelas tersebut, harga tiket pun disesuaikan berdasarkan kelas dan masing-masing tujuan.

 

Lihat juga : Harga Tiket Bus Rosalia Indah Untuk Lintas Sumatera dan Sekitarnya

 

Dari 1983 hingga 2017 sekarang ini, bukanlah waktu yang singkat untuk ukuran pengalaman. Berbekal pelajaran dan pengalaman yang sudah dilalui, beberapa kali penghargaan diterima PO Rosalia Indah dari Kementerian Perhubungan atas pelayanan terbaiknya dalam bidang transportasi darat.

 

Kesuksesan PO Rosalia Indah Saat Ini, Mampu Ciptakan Berbagai Bidang Usaha Lain

Seiring semakin berkembangnya usaha, kini nama Rosalia Indah tidak hanya terpampang di ratusan armada Bus dan kantor-kantor agen yang tersebar di wilayah Jabodetabek, Provinsi Lampung, hingga Sumatera saja, bahkan kini Rosalia Indah juga telah merambah ke berbagai bidang usaha lainnya​.

Beberapa bidang usaha lain dari Rosalia Indah diantaranya adalah; SPBU, Jasa Pengiriman Paket Rosalia Express, Rumah Makan, Pabrik Air Minum, Tour & Travel, dan Hotel Ros-In di Yogyakarta. Hasil maksimal didapatkan berkat kesabaran dan kegigihan. Kini nama Rosalia Indah cukup diperhitungkan para kompetitor dalam persaingan bisnis dibidang Perusahaan Otobus di Tanah Air.

PO Rosalia Indah

Berawal dari merangkak dan tertatih, kini perjalanan PO Rosalia Indah melaju kencang mengarungi aspal lintas Jawa – Sumatera. Melesat bersama hasil perjuangan dan sejarah panjang dalam kibaran nama indahnya. Meski panjang, jejak perjalanannya patut diikuti!

Demikian sekilas ulasan tentang perjalanan panjang PO Rosalia Indah dari Jawa hingga Sumatera. Melihat suksesnya sekarang, perlu juga kita menengok sejarahnya di masa silam.

#SalamTebarPesona

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.