Objek Wisata Lampung

Pesona Indah dari Objek Wisata Lampung

Objek wisata Lampung merupakan salah satu destinasi paling lengkap di Pulau Sumatera. Di provinsi paling selatan ini, Anda bisa menikmati beragam wisata alam, satwa, taman bermain, budaya, hingga wisata kuliner. Berlibur ke Lampung bisa menjadi agenda perjalanan yang mengesankan bersama keluarga, pasangan, maupun sahabat Anda.

Sebagai provinsi yang berbatasan langsung dengan Pulau Jawa, Lampung menjadi lokasi liburan ideal dengan biaya terjangkau. Tercatat, setiap tahunnya ada jutaan penumpang yang mendarat di Bandara Internasional Radin Inten II. Lampung juga dilengkapi akses transportasi laut, sehingga Anda bisa berlabuh di Bakauheni maupun Pelabuhan Panjang.

 

Lihat : Wajah Bandara Radin Inten II Setelah Jadi Bandara Internasional

 

Secara geografis, provinsi yang resmi dimekarkan dari Sumatera Selatan tanggal 18 Maret 1964 ini, memiliki lanskap alam yang sangat kaya. Pada bagian barat dan selatan, terhampar bukit yang masih terhubung dengan jalur Bukit Barisan. Selanjutnya, dataran rendah Lampung berada di bagian tengah. Di bagian timur ke arah utara, panorama Lampung menghadap ke pantai-pantai Laut Jawa.

Dengan dukungan geografis tersebut, wisata alam di Lampung semakin menarik untuk Anda jelajahi. Daya pikat Lampung, masih ditambah berbagai jenis wisata lain yang memukau, siap memanjakan Anda.

 

Serunya Menjelajahi Berbagai Objek Wisata Lampung

Demi mempermudah rencana perjalanan Anda, cermatilah uraian tentang objek wisata Lampung paling favorit berdasarkan jenisnya berikut ini;

Taman Purbakala Pugung Raharjo

Objek Wisata Lampung

Taman seluas 30 hektare yang berada di Kecamatan Sekampung Hilir, Kabupaten Lampung Timur ini, memuat peninggalan purba seperti arca, kuburan batu, menhir, prasasti, altar batu, punden berundak, dan sebagainya. Nilai sejarah dari kompleks kebudayaan lampau tersebut, menawarkan pengalaman yang mengesankan bagi tapak tilas Lampung.

 

Taman Nasional Way Kambas

Objek Wisata Lampung

Taman satwa ini juga menjadi salah satu objek wisata paling favorit di Lampung. Berdiri di atas lahan seluas 125.000 hektare, Anda bisa mengajak keluarga menikmati konservasi gajah sekaligus atraksi-atraksi yang sangat menghibur. Untuk mencapai lokasi Taman Nasional Way Kambas, Anda hanya perlu menempuh 2 jam perjalanan darat dari Bandar Lampung. Taman ini bisa ditemukan di Kecamatan Labuhan Ratu, Kabupaten Lampung Timur.

 

Taman Bermain Slanik Waterpark

Objek Wisata Lampung

Sarana hiburan keluarga juga bisa Anda nikmati di taman bermain yang sedang naik daun ini. Baru dibuka pada Februari 2016, Slanik Waterpark langsung menarik minat para pelancong dengan cepat. Pengunjung sangat antusias mencoba bermacam wahana permainan, seperti Dragon River, Crazy Slide, Octopus Kids Fun, serta Eagle Wave. Taman bermain Slanik Waterpark ini berlokasi di Jalan Raya Karang Anyar, Jati Agung, Lampung Selatan.

 

Air Terjun Putri Malu

Objek Wisata Lampung

Mengawali sensasi wisata alam di Lampung, Anda bisa melangkahkan kaki menuju Kecamatan Banjit, Kabupaten Way Kanan. Temukanlah wisata Air Terjun Putri Malu yang memiliki ketinggian sekitar 80 meter. Penamaan Putri Malu mengacu pada bentuk air terjun yang melengkung dan menampilkan kesan malu-malu.

Akan tetapi, Anda tidak perlu ikut malu setibanya di air terjun ini. Banyak pilihan kegiatan yang memungkinkan Anda meregangkan kepenatan dalam nuansa asri yang menyejukkan. Di sini Anda bisa mencoba panjat tebing atau berkemah.

 

Wisata Alam Gunung Seminung

Objek Wisata Lampung

Pilihan lanskap pegunungan yang paling favorit di sebelah barat Lampung adalah Gunung Seminung. Terletak di Kabupaten Liwa, Gunung Seminung bisa dicapai lewat pendakian dari Kecamatan Sukau dan Kecamatan Ranau.

Gunung ini juga sangat cocok untuk menambah koleksi foto Instagram Anda, karena dikelilingi oleh keindahan Danau Ranau. Jadi, sangat disayangkan jika Anda melewatkan objek wisata Lampung yang satu ini.

 

Pulau Tanjung Putus

Objek Wisata Lampung

Pulau Tanjung Putus merupakan sebuah destinasi yang cantik dan menawan. Pantai yang landai kecokelatan dan air laut yang jernih, akan membuat Anda betah berlama-lama di sini. Secara khusus, pulau yang terletak di Kabupaten Pasawaran ini, memang diperuntukkan sebagai kawasan budidaya terumbu karang. Jadi, jangan sampai Anda melewatkan kesempatan snorkeling untuk menikmati pesona bawah lautnya, ya!

 

Pulau Sebesi dan Pulau Sebuku

Objek Wisata Lampung

Pulau Sebesi dan Pulau Sebuku adalah dua pulau yang paling dekat dengan Anak Gunung Krakatau. Pulau Sebuku biasanya menjadi tempat snorkeling favorit para pelancong. Perjalanan Anda ke sini, akan dihiasi panorama perbukitan di sisi kanan dan kiri.

Beranjak ke Pulau Sebesi, Anda akan menemukan kembali sedikit keramaian khas pulau berpenduduk. Di sini Anda bisa berbaur dengan warga setempat melalui penginapan-penginapan yang mereka sewakan. Meskipun ponsel Anda akan susah mendapat sinyal, tapi pengalaman berbaur dengan warga bisa meninggalkan pengalaman yang berkesan.

Dapatkan kesan tersebut dengan menuju kawasan Kalianda, Lampung Selatan. Dari Pelabuhan Bakauheni, Anda bisa naik angkutan kota ke arah Dermaga Canti, Kecamatan Rajabasa. Selanjutnya, temukanlah perahu-perahu yang siap mengantarkan Anda mengarungi Selat Sunda.

 

Pantai Teluk Kiluan

Objek Wisata Lampung

Bagi Anda yang gemar menjelajah bukit dan lembah, cobalah berkunjung ke Pantai Teluk Kiluan. Berada di Desa Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, pantai ini menawarkan pengalaman perjalanan yang tidak kalah seru dengan pengalaman utama menyaksikan lumba-lumba.

Setelah melewati gerbang selamat datang, Anda akan melintasi bukit dengan jalanan berkelok. Menjelang tiba di tepi pantai, kondisi jalan akan menyempit. Anda disarankan meningkatkan kewaspadaan agar tidak berbenturan dengan kendaraan dari arah berlawanan.

Sesampainya di tepi pantai, terdapat banyak penginapan yang disulap dari rumah warga setempat. Berbincang dengan mereka akan memudahkan Anda mengatur waktu yang tepat untuk menyaksikan lumba-lumba. Tidak hanya itu, mereka juga akan memberikan informasi mengenai pilihan wisata lain di Teluk Kiluan, seperti snorkeling dan trekking.

 

Wisata Kuliner Way Halim

Objek Wisata Lampung

Berburu kuliner Lampung bisa dilakukan dengan mendatangi kawasan Way Halim di pusat kota Bandar Lampung. Salah satu titik keramaian kota ini adalah Macarena Foodcourt, di Jalan Sultan Agung. Lokasinya yang dekat dengan Pusat Kebudayaan dan Olahraga (PKOR) Way Halim, menjadikan Macarena Foodcourt sebagai tujuan kuliner favorit.

Pusat jajanan yang baru dibuka akhir Agustus 2016 ini menyediakan menu olahan mi, bakso, nasi, satai, sup, soto, bebek, serta pempek dengan harga yang ramah di kantong. Fasilitas Macarena juga cukup lengkap. Ada lahan parkir yang luas serta toilet dan musala untuk pengunjung. Secara umum, tempat ini sangat cocok untuk dinikmati bersama keluarga dan sahabat.

Itulah uraian tentang objek wisata Lampung paling favorit yang akan melengkapi liburan Anda. Selamat mencoba, ya!

#SalamTebarPesona

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.