Kiprah PO Puspa Jaya dalam Dunia Transportasi

Sebelum terkenal sebagai PO Puspa Jaya, perusahaan transportasi bergaya Go Green ini bernama PO Puspa Sari. Nama Puspa Sari digunakan setelah mendapat persetujuan dari perusahaan yang bermarkas di Pulau Bali, yakni PT Puspa Sari Denpasar.

Didirikan pada tahun 1980 oleh seorang transmigran asal Bali sekaligus selaku pemilik PO Puspa Jaya, Bapak I Ketut Narya, perusahaan ini berpusat di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung.

Dengan hanya bermodalkan satu unit bus pada awal berdiri, Puspa Jaya memulai bisnis transportasinya dengan melayani penumpang jurusan Banjit – Tanjung Karang (Bandar Lampung). Banjit adalah salah satu daerah di Kabupaten Way Kanan, Lampung.

Seiring berjalannya waktu, ketekunan dan pelayanan yang maksimal terhadap konsumen berbuah sambutan positif dari masyarakat. Akhirnya pada tahun 1989, perusahaan ini melebarkan layanan dengan membuka trayek baru jurusan Lampung – Denpasar.

Pergantian Nama Puspa Sari Menjadi PO Puspa Jaya

Perubahan signifikan terjadi di tahun 1992 saat tampuk kepemimpinan diserahkan kepada sang anak, yakni Bapak I Ketut Pasek. Melalui kesepakatan keluarga, di bawah kepemimpinan Bapak I Ketut Pasek inilah perusahan memutuskan memisahkan diri dari PT Puspa Sari Denpasar. Tepatnya pada tanggal 31 Oktober 1992, perusahaan ini mengibarkan bendera sendiri dengan nama PO Puspa Jaya.

Dengan nama yang baru, Puspa Jaya semakin berkembang. Memasuki tahun 1994 Puspa Jaya berusaha menciptakan kenyamanan untuk para konsumennya, yakni mulai memfasilitasi armada bus dengan AC. Dan trayek pertama yang menggunakan AC adalah Lampung – Denpasar.

PO Puspa Jaya

Memasuki tahun 2000, PO Puspa Jaya kembali melebarkan sayapnya dengan menghadirkan kelas eksekutif untuk menjelajah Pulau Jawa dengan rute Lampung – Yogyakarta – Solo – Wonogiri. Sementara permintaan konsumen untuk rute Lampung – Semarang – Solo – Ponorogo – Tulung Agung – Blitar, tetap dipenuhi meskipun masih menggunakan armada bus AC Patas.

Lihat juga : Harga Tiket Puspa Jaya Sumatera Jawa Hingga Pulau Dewata

Penambahan Armada dan Layanan Pariwisata

Dari waktu ke waktu, Puspa Jaya terus berbenah dan semakin mengembangkan layanan dengan terus menambah armada bus untuk memenuhi kebutuhan pasar saat ini. Beroperasi dengan armada terbaru seperti Big Bus Mercedes Benz OH-1521, OH-1526, dan Medium Bus Mitsubhisi FE84BC, membuktikan keseriusan perusahaan ini dalam menjaga kenyamanan dan keamanan penumpang.

Setelah mapan di angkutan reguler, kini Perusahaan Otobus (PO) yang dominan dengan warna hijaunya mulai merambah ke layanan Bus Pariwisata. Divisi Pariwisata pun dibentuk guna melayani kebutuhan transportasi ke berbagai tujuan di Indonesia.

Lihat juga : Bus Pariwisata Bandung Nyaman dan Aman Bersama Baraya Tourist

Demikianlah perjalanan sebuah Perusahaan Otobus (PO) milik putra dari Pulau Dewata yang berkiprah di Bumi Lampung. Panjangnya jalur Lintas Sumatera-Jawa hingga Pulau Dewata, tak sepanjang kisah sukses PO Puspa Jaya dalam mengarungi nusantara. Semoga menginspirasi!

#SalamTebarPesona

Berikan Tanggapan Anda!