PO Sinar Dempo, Bus Pagar Alam ke Pulau Jawa yang Eksis dari Masa ke Masa

PO Sinar Dempo, Bus dari Pagar Alam ke Pulau Jawa – Cukup menarik jika menyimak kisah sukses beberapa Perusahaan Otobus (PO) asal Sumatera yang sampai saat ini masih tetap eksis mengaspal hingga ke Pulau Jawa.

Seperti Kiprah PO Puspa Jaya dalam Dunia Transportasi, perusahaan angkutan di Lampung milik transmigran asal Bali yang pernah Tebarpesona ulas beberapa waktu lalu, adalah salah satu diantaranya.

Kemudian tidak berselang lama, Tebarpesona juga pernah Mengulik Perjalanan Sejarah PO SAN (Siliwangi Antar Nusa). Salah satu Perusahaan Otobus asal Bumi Rafflesia yang hingga kini makin sukses mengarungi lintas Sumatera – Jawa.

Namun, kesuksesan yang diraih tentunya bukan ibarat buah karbitan atau dihasilkan secara instan semata. Perjuangan dan pengorbanan yang dilakukan bahkan tak jarang nyaris mempertaruhkan nyawa.

Seperti kalimat yang pernah Tebarpesona tuliskan ketika mengurai sejarah PO Rosalia Indah, bahwa melihat suksesnya sekarang, hendaklah pula kita menengok sejarahnya di masa silam. Yang berarti, kesuksesan tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

Simak juga : Perjalanan Panjang PO Rosalia Indah dari Pulau Jawa Hingga Pulau Sumatera

Tidak kalah dengan beberapa perusahaan tersebut di atas, kali ini Tebarpesona kembali mengangkat kisah sukses salah satu Perusahaan Otobus asal Sumatera yang juga cukup berkontribusi dalam dunia transportasi di tanah air. Yaitu PO Sinar Dempo.

Sejarah Berdirinya PO Sinar Dempo

Berawal dengan mengandalkan 1 unit mobil angkutan jenis Chevrolet, Sinar Dempo beroperasi untuk rute lokal seperti Pagar Alam – Muara Gelumpay dan Pagar Alam – Muara Payang dengan keberangkatan dari terminal depan Pasar Dempo.

Didirikan pada tahun 1974 di Pagar Alam, Sumatera Selatan oleh Bapak H. Sidik selaku pemilik. Beliau yang memang merupakan putra asli daerah, tentu sangat faham dan mengerti tentang peluang bisnis di tanah kelahiran sendiri.

Perputaran roda terus berjalan. Seiring waktu, kebutuhan transportasi di tengah masyarakat kala itu semakin meningkat. Melihat market yang menjanjikan, pada tahun 1978 sang pemilik mencoba membuka trayek Sinar Dempo untuk rute Pagar Alam – Lahat dan Pagar Alam – Lubuk Linggau.

Sembari mengamati perkembangan yang ada, Sinar Dempo menambah rute lagi untuk Pagar Alam – Palembang. Dalam masa satu tahun berjalan, tahun 1979 jurusan merambah hingga Provinsi Lampung.

Ketahui juga : Jasa Angkutan Travel dari Lampung ke Pagar Alam, Sumatera Selatan

Di tahun 1979 itu pula PO Sinar Dempo tergabung ke dalam konsorsium perusahaan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang dinamakan SANUTRA (Satu Nusa Transport) lintas Banda Aceh – Denpasar.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Menteri Perhubungan yang pada masa itu dijabat Bapak Rusmin Nuryadin, sekaligus mencatatkan nama Sinar Dempo menjadi satu-satunya perusahaan bus perwakilan dari Sumatera Selatan.

PO Sinar Dempo

Armada PO Sinar Dempo

Memasuki tahun 1992 pimpinan perusahaan dikendalikan oleh generasi penerus, yaitu Drs. H. Joni Sidik, MM, MH. Tangan dingin sang penerus mampu membuat bangga sang bigboss. Di bawah kepemimpinan Bapak H. Joni, sampai dengan saat ini Sinar Dempo terus berkembang pesat.

Berkat eksistensi dan pelayanan maksimal dalam memenuhi kebutuhan transportasi di tengah masyarakat, pada tahun 2011 dan 2015 Sinar Dempo dianugerahi penghargaan Lifetime Achievement dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat atas pengabdian seumur hidup di bidang angkutan jalan. Hemm, luar biasa ya.

Mengacu kepada Keputusan Menteri Perhubungan yang mengharuskan setiap perusahaan angkutan berbadan hukum dalam bentuk Perseroan Terbatas (PT), maka pada tahun 2016 Sinar Dempo meningkatkan status perusahaan dengan bertransformasi menjadi Perseroan Terbatas (PT).

Bus Pagar Alam ke Pulau Jawa yang Eksis dari Masa ke Masa

Untuk Anda yang berada di Pagar Alam, Sumatera Selatan dan hendak melakukan perjalanan menuju Jakarta atau Pulau Jawa maupun sebaliknya, maka PO Sinar Dempo adalah sarana transportasi pilihan tepat. Menggunakan Merchedes-Benz keluaran terbaru dengan fasilitas lengkap, Sinar Dempo siap mengantarkan perjalanan Anda dengan nyaman dan aman sampai di tujuan.

PO Sinar Dempo

Interior PO Sinar Dempo

Berikut ini rute-rute yang dilayani PO Sinar Dempo;
✓ PAGAR ALAM – JAKARTA
Executive : setiap hari 09.30 WIB
Patas : setiap hari 10.30 WIB

✓ PAGAR ALAM – BANDUNG
Patas : Selasa & Sabtu 10.00 WIB

✓ PAGAR ALAM – YOGYAKARTA
Patas : Kamis & Minggu 10.00 WIB

*Jadwal berlaku sama untuk keberangkatan sebaliknya

Kantor Pusat dan Agen PO Sinar Dempo

Untuk melakukan pemesanan atau informasi harga tiket, silakan menghubungi kantor pusat atau agen-agen PO Sinar Dempo di bawah ini.

Kantor Pusat:
Jl. Laskar Marik No. 1073
Pagar Alam, Sumatera Selatan
Telepon: (0730) 622134
Mobile: 0823-7131-3457

Agen Lahat:
Jl. Letnan Marzuki No. 29
(Simpang 3 Kodim Lama)
Talang Kapuk, Lahat, Sumsel
Telepon: (0731) 323958
Mobile: 0813-7300-5259

Pool Tanah Tinggi:
Jl. Daan Mogot KM. 23 No. 18c
Tanah Tinggi, Tangerang
Telepon: (021) 5581326

Agen Kalideres:
Terminal Bus Kalideres
Telepon: (021)98165263

Agen Kampung Rambutan:
Terminal Luar Kota Nomor 41
Telepon: 0812-8320-8684

Agen Bitung:
Jl. Raya Serang KM. 10,5 RT. 003
Kecamatan Curup, Tangerang
(Depan Pertamina Bitung)
Telepon: 0821-1102-7613

Agen Bekasi:
Terminal Bekasi Timur No. 5
Telepon: 0813-8320-8380

Agen Bandung:
Jl. Soekarno Hatta No. 248
(Samping Pool Bus Arimbi)
Telepon: 0813-2033-2033

Agen Yogyakarta:
Jl. Gedong Kuning Selatan No. 18
Gedongan Baru, Banguntapan Bantul
Telepon: (0274) 452156

Mengaspal sejak tahun 1974 dan tetap eksis hingga jaman now, itu merupakan sebuah perjalanan yang amat sangat istimewa untuk dikisahkan dalam dunia transportasi. Sukses selalu wahai Sang Legend dari Gunung Dempo!

#SalamTebarPesona

Rustam Renaldy

Satu dari seperempat milyar lebih penduduk Negeri ini yang hobi menyeruput kopi hitam dalam menyatukan inspirasi!

Mungkin Anda juga menyukai

2 Respon

  1. Pondok Jeruk berkata:

    Saya dari jawa timur, gak pernah lihat bus ini, apa gak pernah sampai jawa timur, atau karena sangat jarangnya ya?

    • Rustam Renaldy berkata:

      Halo Pondok Jeruk,

      Ya, sepertinya Sinar Dempo hanya sampai di perbatasannya saja, tidak menjelajahi jawa timur.

      Terima kasih sudah berkunjung. Salam …

Berikan Tanggapan Anda!