Seruit Lampung

Mengenal Seruit Lampung Sebagai Makanan Khas dari Bumi Ruwa Jurai

Mengenal Seruit Lampung Sebagai Makanan Khas dari Bumi Ruwa Jurai – Selain mengunjungi objek wisata, tidak ada salahnya dalam menghabiskan akhir pekan dengan berwisata kuliner untuk memanjakan lidah Anda dengan makanan-makanan khas yang belum pernah Anda coba sebelumnya.

Salah satu jenis makanan kuliner yang patut Anda cicipi jika berwisata ke Lampung, adalah Seruit Lampung. Jenis makanan ini merupakan salah satu kuliner khas dari Bumi Ruwa Jurai yang cukup unik dan menggoda selera.

Lampung memang memiliki berbagai macam makanan khas yang terkenal seperti tempoyak, gulai taboh, lapis legit, dodol, kemplang, keripik pisang, pempek dan masih banyak lagi. Dan jika berlibur ke lampung, tidak lengkap rasanya jika belum mencicipi aneka kuliner khas Bumi Ruwa Jurai ini, Seruit Lampung adalah salah satu diantaranya.

 

Lihat : Pempek Lampung Juga Tidak Kalah Lezat dari Pempek Palembang

 

Seruit Lampung
 

Mari Mengulik Tentang Seruit dalam Budaya Masyarakat Lampung

Seperti kebiasaan masyarakat Indonesia pada umumnya, Lampung juga merupakan masyarakat yang senang bersilaturahmi dan berkumpul sesama keluarga maupun tetangga. Mereka biasanya berkumpul dalam acara adat, keagamaan, maupun acara pesta pernikahan.

Saat mereka berkumpul itulah diperlukan makanan yang dapat dinikmati secara bersama-sama. Dan salah satu makanan yang biasa dinikmati dalam kebersamaan tersebut adalah seruit.

Seruit berasal dari kata “nyeruit” yang artinya, suatu kegiatan yang harus dilakukan bersama-sama. Atas dasar itulah, Seruit berhubungan dengan budaya masyarakat Lampung yang sering berkumpul dengan teman, tetangga maupun keluarga besar.

Seruit merupakan makanan khas Lampung yang berbahan dasar ikan yang dibakar ataupun digoreng. Jenis ikan yang digunakan untuk membuatnya adalah ikan sungai seperti belida, layis, baung, seluang, dan lain sebagainya.

Ada beberapa tahapan penting dalam pembuatan Seruit Lampung. Tahap pertama adalah menyiapkan ikan, kemudian menyiapkan bumbu-bumbu yang akan dihaluskan.

Adapun bumbu masakan seruit adalah jahe, kunyit, garam, dan bawang putih. Lumuri ikan dengan bumbu yang telah dihaluskan, setelah itu, ikan yang sudah dibumbui kemudian dibakar atau digoreng.

Jika ikan telah setengah matang, olesi dengan kecap manis dan campurkan bumbu dari garam, bawang putih, dan ketumbar. Lalu, tambahkan sambal khas Lampung dengan campuran cabai rawit, cabai merah, rampai, terasi bakar, micin yang ditumbuk hingga halus. Tidak butuh waktu terlalu lama, Seruit Lampung pun siap dihidangkan.

 

Cita Rasa Seruit Lampung Mampu Menggoda Lidah Para Wisatawan

Seruit memiliki cita rasa asam, pedas dan gurih yang tak akan pernah Anda lupakan. Sekali Anda mencobanya, pasti ingin lagi, dan tambah lagi. Tidak heran jika banyak wisatawan atau pecinta kuliner yang berkunjung ke Lampung dan selalu ingin menikmati gurihnya makanan khas bernama Seruit Lampung.

Untuk menambah kenikmatan seruit, Anda perlu memadukannya dengan tempoyak. Tempoyak yang juga merupakan makanan khas Lampung satu ini, terbuat dari durian yang diawetkan dan dihaluskan. Tapi, jangan menganggap jika rasa durian yang disajikan terasa legit ya! Karena setelah di fermentasi, rasa durian akan berubah sedikit masam. Sehingga bila dipadukan, cita rasa dari seruit akan semakin bertambah nikmat. Jangan lupa untuk menambahkan terong, daun jambu mente, dan jengkol sebagai lalapan.

Seruit Lampung

Setelah menyantap seruit yang pedas dan nikmat ini, Anda bisa meredakan pedasnya seruit dengan minuman segar bernama serbat. Serbat merupakan salah satu minuman khas Lampung yang berbahan dasar mangga kweni.

Jadi, mangga kweni akan diserut kecil-kecil dan di campur dengan air sirup atau air gula, bisa juga dengan menambahkan susu kental manis dan es batu.

Seruit Lampung

Mencicipi Seruit Lampung sebagai makanan khas milik Bumi Ruwa Jurai, akan semakin memanjakan lidah Anda dalam berwisata kuliner.

Demikian sekilas ulasan tentang Seruit Lampung yang merupakan makanan khas sekaligus budaya dari masyarakat Bumi Ruwa Jurai, Lampung. Jika Anda rasa informasi ini bermanfaat, silakan berbagi kepada siapa saja yang mungkin membutuhkan.

Dan jika ada hal yang perlu disampaikan, seperti pertanyaan, saran, kritik, ataupun masukan, jangan ragu untuk meninggalkan komentar pada kolom yang tersedia di bawah ini. Dengan selalu berbagi dan peduli, rezeki akan mengalir tiada henti. Selamat nyeruit!

#SalamTebarPesona

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.