Stasiun Tanjungkarang

Stasiun Tanjung Karang Merupakan Stasiun Kereta Api Terbesar di Provinsi Lampung

Stasiun Tanjung Karang Merupakan Stasiun Kereta Api Terbesar di Provinsi Lampung – Transportasi umum merupakan aspek terpenting dalam melakukan perjalanan atau liburan. Dalam rangka menggiatkan potensi wisata, Indonesia juga mulai menggenjot sektor transportasi untuk berbagai kemudahan berwisata. Tidak terkecuali moda transportasi kereta api. Salah satu stasiun kereta api yang serius menangani perihal wisata adalah Stasiun Tanjung Karang. Stasiun ini merupakan stasiun kereta api terbesar di Provinsi Lampung.

Awalnya, lintasan kereta api di bagian selatan Sumatera hanya dibangun sepanjang 12 Km saja. Jalur tersebut menghubungkan dari Panjang hingga Bandar Lampung. Jalur rel ini mulai dilalui kereta api pada Agustus 1914. Hal tersebut dapat dijadikan acuan sebagai tahun mulai beroperasinya Stasiun Tanjung Karang.

Stasiun Tanjung Karang

Sebelumnya jalur kereta ini diperuntukan untuk kereta pengangkut barang antara Lampung dan Palembang. Hal tersebut dikarenakan, kondisi geografis Pulau Sumatera yang tidak begitu mendukung untuk membuat kereta pengangkut orang. Berbeda dengan kondisi geografis di Pulau Jawa yang memungkinkan hal tersebut. Namun seiring dengan berjalannya waktu, jalur kereta api yang digunakan oleh Stasiun Tanjung Karang ini, kini dapat dipergunakan untuk mengangkut orang.

Provinsi Lampung merupakan gerbang antara Pulau Sumatera dan Jawa. Maka dari itu, arus manusia yang melakukan perjalanan bagi kedua pulau besar tersebut sangatlah padat. Kenyamanan dan keamanan transportasi sangat perlu untuk diperhatikan. Terlebih kini Lampung menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik banyak wisatawan.

 

Lihat : Pesona Indah dari Objek Wisata Lampung

 

Stasiun Tanjung Karang, sebagai stasiun terbesar di Provinsi Lampung melakukan hal tersebut. Stasiun ini memiliki empat jalur utama. Keempat jalur tersebut dibagi menjadi satu untuk jalur lurus (jalur 2), serta tiga jalur belok (jalur 1, 3, dan 4).

Stasiun Tanjung Karang

Panjang jalur rel kereta api dari Stasiun Tanjung Karang membentang dari Lampung hingga Palembang. Dengan panjang demikian, banyak backpacker yang tertarik singgah di Stasiun Tanjung Karang untuk melakukan perjalanan via darat, sebagai alternatif menggunakan mobil dan bus.

Kereta api penumpang yang terdapat di Stasiun Tanjung Karang meliputi Limex Sriwijaya, Rajabasa, Seminung Umpu, dan Way Umpu dengan tujuan Palembang Kertapati dan Kotabumi. Kesemua kereta yang tersedia berbasis eksekutif/bisnis dan ekonomi AC.

Stasiun Tanjung Karang
 

Fasilitas di Stasiun Tanjung Karang

Selain memberikan pelayanan dalam hal transportasi, stasiun yang berlokasi di Jl. Kota Raja, Gunung Sari, Tanjung Karang Pusat, Kota Bandar Lampung ini memiliki sederet fasilitas yang memudahkan para wisatawan. Diantaranya adalah loket customer service yang siap membantu para penumpang, loket pemesanan, jadwal kereta yang lengkap, tempat makan, toilet gratis, dan mesin ATM. Peron yang terdapat pada stasiun ini sudah peron tinggi, yang dapat mempermudah penumpang naik ke dalam Kereta Api.

 

Lihat juga : Jadwal Keberangkatan dan Harga Tiket Kereta Api Palembang – Lampung

Jadi, jika para wisatawan yang hendak melakukan perjalanan lintas Sumatera dan menginginkan melalui jalur darat, kereta api bisa menjadi salah satu solusi yang tepat. Selain itu, pengalaman menggunakan kereta api dari Stasiun Tanjung Karang akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan ketika melancong ke Lampung. Sebuah stasiun terbesar yang mengalami banyak perjalanan sejarah!

#SalamTebarPesona

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.