Taman Banto Royo, Objek Wisata Baru Kabupaten Agam Sumatera Barat

Pada penghujung tahun 2018 beberapa waktu lalu, masyarakat Sumatera Barat khususnya Kabupaten Agam serempak berbangga. Pasalnya, dalam menyongsong datangnya tahun baru 2019, hadir pula obyek wisata baru bernama Taman Banto Royo yang turut meramaikan suasana libur akhir tahun.

Taman bermain yang memiliki luas lahan sekitar 6 hektar ini merupakan inisiatif dari masyarakat setempat bersama para perantau. Destinasi wisata alam yang baru resmi dibuka pada 28 Oktober 2018 tersebut, berjarak ± 8 kilometer dengan waktu tempuh 20 hingga 30 menit berkendara dari Kota Bukittinggi. Tepatnya berlokasi di Jorong Kaluang Tapi, Nagari Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Pintu Masuk Banto Royo

Lihat juga : 5 Jasa Rental Mobil di Padang Pelayanan Memuaskan

Meskipun baru dibuka, namun objek wisata alam Banto Royo sudah cukup ramai dikunjungi. Karena selain panorama sekitar yang memang masih sangat asri dan menyejukan sejauh mata memandang, berbagai wahana permainan juga telah siap menghibur para pengunjung yang datang.

Wahana Permainan Taman Banto Royo

Banto Royo memiliki fasilitas dan wahana menarik yang bisa dinikmati anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Anda bisa memulainya dengan berkeliling menaiki perahu untuk menikmati keindahan danau. Coba juga asyiknya berjalan di atas air menapaki jembatan kayu sepanjang 2,5 kilometer. Di jembatan tersebut Anda bisa menemukan sensasi tersendiri dari keasrian suasana sekitar.

Jembatan sepanjang 2,5 kilometer di Banto Royo

Keseruan lain yang tidak kalah menarik yaitu adanya; flying fox, kano, outbound, area anak, dan high rope. Selain itu, fasilitas penunjang seperti Musholla, Coffee Shop, Kolam Renang, Camp Ground, Pusat Oleh-oleh, serta ruang serbaguna juga tersedia di taman wisata ini.

Demi memanjakan para pengunjung, seiring waktu fasilitas-fasilitas yang ada tentu akan terus ditambah. Seperti pembangunan restoran dan lokasi camping yang pembangunannya saat ini tengah disiapkan pihak pengelola.

Taman bermain Banto Royo

Baca juga : Mengintip 5 Tempat Wisata Terkenal di Padang Sumatera Barat

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Taman Banto Royo buka setiap Selasa – Minggu mulai pukul 10.00 – 16.30 WIB. Jadi jangan pernah berkunjung pada hari Senin, ya! Karena selain merupakan hari aktif kerja, dipastikan bahwa setiap hari Senin tempat wisata ini tidak beroperasi alias tutup.

Jam dan Harga Tiket Masuk

Sementara untuk masuk ke taman wisata ini juga terbilang cukup murah. Dengan harga tiket Rp10 ribu pada hari Selasa – Jumat dan Rp20 ribu pada hari Minggu atau hari libur, Anda sudah bisa mengajak teman, kerabat, ataupun keluarga untuk melebur segala penat yang bersemayam.

Untuk menikmati aneka wahana permainan yang tersedia, sistem yang diterapkan adalah dengan menggunakan koin. Anda bisa mendapatkan koin dengan membeli pada setiap loket yang ada di lokasi taman.

Perlu diketahui, selain dipergunakan untuk pengelolaan taman bermain dan pemeliharaan peralatan serta pajak, seluruh hasil yang terkumpul dari Taman Banto Royo akan digunakan untuk kegiatan amal. Seperti keperluan Masjid Nurul Ittihad, Majelis Taklim, Remaja Masjid, Kelompok Belajar Bidasari, dan Kerapatan Adat Jorong. Hmm, patut diacungi jempol, ya!

Penyaluran dana Banto Royo

Itulah destinasi wisata baru di Sumatera Barat yang Tebarpesona rekomendasikan pada kesempatan ini. Di tengah panasnya debat kedua kubu pendukung capres dan cawapres yang kian memuncak, rasanya mengunjungi Banto Royo merupakan solusi tepat dalam mencairkan suasana. Hehe

*kecuali Thumbnail di atas, semua gambar pendukung dalam artikel ini diambil dari Halaman Facebook: Taman bermain Banto Royo agam Bukittinggi4

#SalamTebarPesona

Rustam Renaldy: Satu dari seperempat milyar lebih penduduk Negeri ini yang hobi menyeruput kopi hitam dalam menyatukan inspirasi

KOMENTAR TERHANGAT (6)

  • Intan Sudibjo berkata:

    cocok sekali yah, bersama keluarga datang ke mari, ngisi waktu luang apalagi kalo masa libur panjang. bisa jadi referensi buat liburan nanti

    • Rustam Renaldy berkata:

      Benar sekali. Meskipun terbilang baru, tapi wahana yang tersedia di tempat ini sudah cukup lengkap. Terima kasih sudah mampir, sukses selalu Viral12Jam.

  • Anggun Josie Pasemawati berkata:

    Bagus juga ya Konsep pengelolanya. Hasilnnya ada yg dikhususkan untuk beramal. Semoga ramai terus 😊

    • Rustam Renaldy berkata:

      Selain menghibur banyak orang, hasilnya pun dipergunakan untuk jalan menuju ke surga. Sangat mulia sekali ...

      Btw, blogger cantik satu ini kemana aja, kok setelah sekian lama baru nongol? Hehe

  • Tuteh Pharmantara berkata:

    Semoga suatu saat bisa kesampaian ke sini. Mimpi saya semakin banyak hahaha 😀

    • Rustam Renaldy berkata:

      Semoga yaa ...

      Tidak masalah memperbanyak mimpi. Karena dengan begitu, besar kemungkinan satu diantaranya bisa diraih. Hehe

This website uses cookies.