Berkunjung ke Taman Wisata Iman Dairi, Bikin Damai Hati Umat Beragama

Taman Wisata Iman Dairi

Taman Wisata Iman Dairi – Indonesia sudah lama dikenal dunia sebagai negara yang menjunjung tinggi toleransi beragama. Islam sebagai agama mayoritas, memperlakukan agama-agama lain di Indonesia dengan baik.

Corak kehidupan keagamaan di Indonesia di dasari pada persatuan Kebhinekaan. Para Funding Father Indonesia menyadari bahwa mewujudkan tatanan masyarakat yang mengedepankan pluralisme merupakan suatu keharusan agar bangsa ini tidak terpecah belah.

Inilah mengapa di Indonesia tidak pernah terjadi konflik-konflik keagamaan yang cukup serius layaknya di Timur Tengah. Kok begitu hebatnya ya Indonesia, apa rahasianya? Rahasianya karena Indonesia menjamin masyarakat untuk menjalankan ibadah sesuai dengan keyakinan agama nya masing-masing dengan tanpa saling bergesekan.

Makanya tidak heran kalau kita sering menemui di suatu tempat ada rumah ibadah seperti Masjid bersebelahan dengan Gereja. Bukan bermaksud untuk saing-saingan menggaet jemaah sebanyak-banyaknya, melainkan lebih sebagai simbol kerukunan, perekat anak bangsa.

Salah satu tempat terunik untuk menyaksikan berdirinya rumah ibadah enam agama di Indonesia secara berdekatan bisa kita jumpai dalam Taman Wisata Iman Dairi, di Provinsi Sumatera Utara.

Kerukunan Umat Beragama dalam Taman Wisata Iman Dairi

Sesuai namanya, taman ini merupakan tempat wisata religi bagi keenam agama yang diakui oleh Pemerintah Indonesia. Di dalam taman wisata ini terdapat berbagai bangunan rumah ibadah dari keenam agama berjejeran dekat-dekatan.

Rumah ibadah yang berdiri megah di Taman Wisata Iman Dairi antara lain Masjid, Kuil, Gereja, Vihara, Klenteng, dan Pura. Masing-masing tempat ibadah berjejeran begitu ciamiknya tidak lebih dari jarak 50 meter.

Tempat ibadah disini kebanyakan berarsitekan campuran Persia dan Minang. Percampuran gaya arsitek itu membuat berbagai tempat ibadah di Taman Wisata Iman Dairi tampak begitu indah.

Taman Wisata Iman Dairi
Panorama sekitar lokasi Taman Wisata Iman Dairi

Kalau kamu penasaran, coba masuklah ke salah satu tempat ibadah yang ada untuk melihat-lihat isinya. Misalnya masuk ke Vihara. Di dalamnya pasti menarik, karena selain museum, terdapat juga beragam manuskrip kuno yang membahas proses penyebaran agama Budha di Indonesia.

Demikian juga di tempat ibadah lain seperti Masjid, di dalamnya juga terdapat museum proses penyebaran Islam di Nusantara.

Selain bisa melepas raut wajahmu yang pucat, Taman Wisata Iman Dairi juga ada unsur edukasinya. Jadi sangat cocok untuk mengajak anak-anak supaya bisa diajarkan toleransi beragama.

Tempat ini juga sangat fotogenik. Sehingga bagi kamu yang gemar “selfi-selfi”, hijaunya alam sekitar cocok sebagai background foto. Letaknya yang berada di kawasan perbukitan dan ekologi hutan Pinus Sitinjo, menjadikan suasana Taman Wisata Iman Dairi mampu meluluhlantakkan kegalauanmu.

Intip juga : Berwisata ke Pulau Mursala, Pulau Indah Pengundang Industri Hollywood

Bagi yang tak punya kuota untuk meng-upload hasil selfi, sobat Tebarpesona tak perlu khawatir ya, apalagi sampai ngamuk-ngamuk berdoa di dalam tempat ibadah minta Tuhan menurunkan hujan kuota internet. Disini sudah ada akses wifi gratis. Jadi bisa sepuasnya upload foto tanpa takut kehabisan kuota.

Harga Tiket Masuk Taman Wisata Iman Dairi

Jika kantong sobat Tebarpesona tengah luka menganga, jangan pula terlalu dipermasalahkan. Karena cukup dengan Rp5 ribu untuk orang dewasa dan Rp3 ribu untuk anak-anak, akan mengantarkan kamu masuk ke Taman Wisata Iman Dairi untuk berkeliling sepuasnya.

Taman Wisata Iman Dairi
Gerbang Masuk Taman Wisata Iman Dairi

Di dalam Taman Wisata Iman Dairi juga tersedia asrama untuk beristirahat. Hanya saja sobat Tebarpesona harus mengeluarkan uang sebesar Rp200 ribu untuk menginap per malamnya.

Dengan datang ke tempat ini, itu berarti kamu telah berkontribusi dalam merawat kebhinekaan di Indonesia tercinta. Ayo, berkunjung ke Taman Wisata Iman Dairi di Jalan Desa Sitinjo, Kecamatan Sitinjo, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

#SalamTebarPesona

Berikan Tanggapan Anda!