Tempat Wisata Kota Bengkulu

Tempat Wisata di Kota Bengkulu yang Memukau dan Ramai Dikunjungi

Tempat Wisata di Kota Bengkulu yang Memukau dan Ramai Dikunjungi – Pilihan tempat wisata di Kota Bengkulu sedang menggeliat. Provinsi yang terletak di pesisir barat Pulau Sumatera itu, sebelumnya hanya dikenal sebagai tempat pengasingan Bung Karno saja. Kebetulan, kisah asmara sang proklamator juga dirajut di sini. Bengkulu pun menjadi saksi bisu perjuangan Bung Karno untuk negeri dan perempuan tercintanya.

Setengah abad setelah perjuangan Bung Karno membuahkan hasil, Bengkulu tetap membisu dengan segala keterbatasan. Minimnya ekspos tempat wisata di Kota Bengkulu membuat Bumi Rafflesia Arnoldi ini, senyap dari kunjungan-kunjungan pariwisata.

Mundur sekitar satu abad, Anda akan terkejut menyimak sejarah pertukaran Bengkulu dengan beberapa pulau di Semenanjung Malaka, termasuk pulau cikal bakal Singapura. Pertukaran tersebut disepakati oleh Belanda dan Inggris dalam Traktat London 1824. Hasilnya, Belanda mendapatkan Bengkulu, dan Inggris menerima wilayah Malaka.

Peristiwa pertukaran historis tersebut seolah menunjukkan besarnya potensi Bengkulu di masa lalu. Sempat disebut sebagai “Tanah Mati” oleh Sir Thomas Stamford Raffles, Bengkulu yang luluh lantak akibat gempa bumi mulai dibangun ulang oleh sang gubernur.

Selama enam tahun memimpin Bengkulu, kecakapan Sir Thomas Stamford Raffles bekerja bersama rakyat, mampu memikat Belanda. Sampai akhirnya terjadi pertukaran, Bengkulu masih menjadi wilayah yang atraktif dan potensial seperti wilayah-wilayah yang ditaksir Inggris di Malaka.

Hari ini Bengkulu sedang berbenah demi mencapai potensi yang dimiliki. Apabila kerja kolektif rakyat Bengkulu dulu didukung oleh pemimpin karismatik, saat ini kolektivitas warganya sangat didukung oleh internet dan media sosial. Berkat ekspos di Instagram, Facebook, Path, maupun Snapchat, banyak tempat wisata di Kota Bengkulu yang semakin ramai dikunjungi.

 

Beberapa Tempat Wisata di Kota Bengkulu yang Selalu Ramai Dikunjungi

Sebelum menentukan pilihan yang tepat untuk berlibur, ada baiknya Anda cermati terlebih dahulu tempat-tempat wisata yang akan dikunjungi. Dan jika memang memungkinkan, jangan lupa juga untuk memperhatikan penginapan atau hotel yang akan jadi tempat peristirahatan. Dengan begitu, liburan Anda akan menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Lihat : 10 Hotel di Bengkulu yang Menawarkan Fasilitas dan View Menarik

Berikut ini 10 Tempat Wisata di Kota Bengkulu yang cukup memukau dan selalu ramai dikunjungi, dan mungkin salah satu diantaranya bisa Anda jadikan pilihan tempat berlibur bersama teman atau pun keluarga.

1. Rumah Pengasingan Bung Karno

Tempat Wisata di Kota Bengkulu

Pada awalnya, rumah ini adalah milik seorang penyuplai sembako bernama Tan Eng Cian. Hubungan dekatnya dengan pemerintah kolonial, membuat rumah sang pengusaha dijadikan tempat pengasingan Bung Karno sejak 1938 sampai 1942.

Sebagai objek wisata, rumah pengasingan ini menyimpan benda-benda peninggalan Bung Karno yang sarat nilai sejarah. Dengan membayar tiket seharga Rp. 2.500 saja, Anda sudah bisa melihat sepeda ontel kesayangan Bung Karno, koleksi buku, hingga surat cinta Bung Karno untuk Ibu Fatmawati.

 

2. Benteng Marlborough

Tempat Wisata di Kota Bengkulu

Benteng kokoh yang berdiri di atas lahan seluas 4 hektare ini, dibangun pada masa kepemimpinan Gubernur Joseph Callet. Benteng Marlborough diyakini sebagai benteng paling kuat kedua setelah St. George di India, yang dimiliki Inggris di kawasan Hindia Timur. Didirikan sebagai bentuk pertahanan daerah monopoli lada dan perdagangan, Benteng Marlborough menawarkan panorama yang sangat memukau. Dari sini, Anda bisa menyaksikan Samudra Hindia.

 

3. Museum Negeri Bengkulu

Tempat Wisata di Kota Bengkulu

Museum Negeri Bengkulu menyimpan, merawat, melestarikan, mengamankan dan memanfaatkan koleksi berupa benda cagar budaya. Awalnya, museum ini bertempat di Benteng Marlborough. Sejak Januari 1983, museum ini menempati gedung baru hingga sekarang.

Anda bisa berkunjung ke sini pada hari Selasa sampai Minggu dari pukul 8.00 hingga pukul 13.00 WIB. Terdapat 6.220 macam koleksi yang terbagi ke dalam 10 kategori, yakni kategori geologika, biologika, etnografika, arkeologika, historika, numismatika, filologika, keramologika, seni rupa, hingga teknologika.

Berbagai benda etnografi menjadi koleksi mayoritas di Museum Negeri Bengkulu. Anda bisa mengamati dari dekat koleksi senjata, benda upacara, serta kain tradisional yang menjadi perlengkapan hidup pada masa lalu.

 

4. Kota Curup dan Bukit Kaba

Tempat Wisata di Kota Bengkulu

Apabila Anda berniat melihat Bunga Rafflesia Arnoldi, datanglah ke ibukota Kabupaten Rejang Lebong ini. Lanskap pengunungan Bukit Barisan dan suhu dingin 18 derajat celsius, merupakan sensasi yang bisa Anda nikmati di sini. Lanjutkan perjalanan Anda ke Bukit Kaba, dan saksikan pesona hijau yang mengesankan.

 

5. Danau Dendam Tak Sudah

Tempat Wisata di Kota Bengkulu

Danau Dendam Tak Sudah, dapat Anda temukan dengan menempuh 6 kilometer perjalanan darat dari pusat kota Bengkulu. Panorama danau sangat lengkap karena dikelilingi bukit-bukit hijau. Manjakan diri Anda dengan berperahu dan menaiki rakit untuk mengelilingi danau. Secara umum, kawasan Danau Dendam Tak Sudah ini termasuk kawasan hijau berudara sejuk yang memiliki kekayaan flora dan fauna.

 

6. Danau Mas Harun Bastari

Tempat Wisata di Kota Bengkulu

Terletak 17 kilometer dari pusat kota Curup dan tidak jauh dari jalan raya yang menghubungkan Curup dengan Lubuk Linggau, Danau Mas Harun Bastari adalah lokasi strategis yang mudah dan ramai dikunjungi. Wisata Anda bersama keluarga dan anak-anak akan semakin lengkap, karena di sini terdapat banyak permainan yang bisa dieksplorasi bersama sang buah hati. Dengan luas 36 hektare, Danau Mas Harun Bastari bisa dijangkau lewat perjalanan darat ke Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong.

 

7. Pantai Tapak Paderi

Tempat Wisata di Kota Bengkulu

Kejarlah pesona sunset di Bengkulu dengan berkunjung ke Pantai Tapak Paderi. Destinasi yang jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat kota ini, merupakan objek wisata andalan warga kota Bengkulu. Didukung berbagai fasilitas dan aneka kuliner yang lengkap, Anda akan sangat nyaman menghabiskan waktu di sini.

 

8. Pantai Panjang

Tempat Wisata di Kota Bengkulu

Wisata pantai selanjutnya yang wajib Anda kunjungi adalah Pantai Panjang. Dari pusat kota, Anda hanya memerlukan waktu sekitar 15 menit untuk dapat sampai di Pantai Panjang. Jaraknya sekitar 3 kilometer saja. Dilengkapi fasilitas penginapan, restoran, pusat perbelanjaan, arena bermain anak, hingga fasilitas olah raga, Pantai Panjang selalu ramai dikunjungi oleh turis asing dan domestik.

Garis pantai sepanjang 7 km, juga menjanjikan keunikan tersendiri. Keasrian pohon cemara dan pohon pinus di sepanjang bibir pantai, sangat sayang kalau Anda lewatkan begitu saja. Menikmatinya dengan berjalan kaki atau berjoging, sama-sama menyenangkan. Apalagi, pasir putih pantai ini sangat halus dan tidak mengotori kaki.

 

9. Pantai Jakat

Tempat Wisata di Kota Bengkulu

Satu lagi pesona pantai cantik di Bengkulu, Pantai Jakat. Pantai ini bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang ingin menikmati matahari terbenam bersama pasangan. Deburan ombak dan embusan angin yang sejuk, semakin melengkapi pengalaman berkesan di tempat wisata kota Bengkulu.

Taman bawah laut Pantai Jakat merupakan bukit yang mampu menjaga habitat ikan. Hal ini sangat membantu masyarakat sekitar yang bekerja sebagai nelayan. Hasil laut tersebut, juga bisa Anda santap di kedai-kedai makanan sepanjang pantai.

 

10. Pulau Tikus

Tempat Wisata di Kota Bengkulu

Pulau yang terletak 10 kilometer dari arah barat kota Bengkulu ini, akan melengkapi pelesiran Anda. Pulau Tikus terhubung langsung dengan Samudra Hindia. Yang menakjubkan, terdapat terumbu karang yang mengelilingi pulau seluas 1,5 hektare ini, sehingga pulau pun cukup terlindungi dari ancaman abrasi akibat gelombang yang besar.

Untuk mencapai Pulau Tikus, Anda dapat menyewa kapal nelayan di Pantai Jakat. Perjalanan akan memakan waktu sekitar 1 jam. Jika Anda berangkat dengan menyewa kapal dari Pelabuhan Pulau Baai, waktu tempuhnya bisa lebih cepat 20 menit.

Pulau Tikus menawarkan lanskap samudra yang sangat memukau. Air laut yang jernih seolah menggoda Anda untuk segera snorkeling. Keindahan batu karang dan ikan ragam warna, membuat Anda betah berlama-lama di sini. Yang perlu diingat, berperilakulah dengan baik dan bertanggung jawab agar anak cucu kita kelak tetap bisa menikmati keindahan bawah laut ini.

Demikianlah ulasan tentang 10 Tempat Wisata di Kota Bengkulu yang memukau dan selalu ramai dikunjungi. Dengan ekspos yang positif dan perilaku berwisata yang bertanggung jawab, Bengkulu bisa saja bersaing dengan Batam dan menjadi daya pikat setara Singapura. Ayo, ke Bengkulu!

#SalamTebarPesona

2 thoughts on “Tempat Wisata di Kota Bengkulu yang Memukau dan Ramai Dikunjungi”

  1. pulau tikus bikin greget pengen kesana nih min, tempatnya itu loh unik bnget ditambah pemandangan yg indah lagi, thanks bnget infonya min

    1. Halo Travedisi,

      Ayo gan ke Bengkulu … Hehe
      BTW, di Travedisi lebih seru lagi. Ada Pulau Rinca lengkap dengan Komodo-nya😁 Kereeen 👍

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.