Tempat Wisata di Martapura

Serunya Bermain Jet Sky di Irigasi Upper Komering, Tempat Wisata di Martapura

Tempat Wisata di Martapura – Dibandingkan dengan daerah lain, Kabupaten OKU Timur memang kurang begitu menggema di Sumatera Selatan. Tapi siapa sangka kalau di Kabupaten OKU Timur ada satu tempat wisata indah penuh pesona bagi siapa saja yang melihatnya.

Tempat wisata yang bisa membuat kamu terpesona dan lupa akan segalanya yaitu tempat wisata di Martapura bernama Irigasi Upper Komering. Sesuai namanya, obyek wisata ini dibuat dari pembendungan sungai Komering lalu berkembang dijadikan sebagai tempat wisata.

Lihat juga : 10 Tempat Wisata Menarik di Baturaja Sumatera Selatan

Bendungan Upper Komering dibuat oleh Dinas Pertanian OKU Timur pada tahun 1991. Dulu, bendungan ini hanya difungsikan sebagai media irigasi saja guna mengaliri persawahan di seluruh Kabupaten OKU Timur.

Tempat Wisata di Martapura
Pintu Masuk Irigasi Upper Komering

Adanya pembangunan bendungan ini secara mengejutkan Kabupaten OKU Timur dengan menyabet gelar sebagai pusatnya lumbung padi di Sumatera Selatan. Ingin memperoleh aset dari pembangunan bendungan tersebut, Dinas Pariwisata Kabupaten OKU Timur kemudian membuka wisata di bendungan Upper Komering ini. Alhasil, jadilah wisata Irigasi Upper Komering seperti sekarang.

Irigasi Upper Komering Mengangkat Potensi Tempat Wisata di Martapura

Keseruan berkunjung ke Irigasi Upper Komering bisa kamu dapatkan dengan membayar uang masuk sebesar Rp12 ribu saja. Ya, termasuk lumayan terjangkau di kantong. Dengan membayar tiket masuk sebesar itu kamu sudah bisa menikmati keseruan wisata susur sungai Komering dengan sepuasnya.

Tempat Wisata di Martapura
Keasrian Irigasi Upper Komering

Kurang puas dengan wisata susur sungai, cobalah serunya bermain Jet Sky. Kamu bisa balapan bareng teman menggunakan wahana ini. Untuk sementara ini tersedia wahana jet sky sebanyak tiga buah. Kedepannya, tentu berbagai wahana akan semakin bertambah melengkapi tempat wisata di Martapura ini.

Bagi yang tidak suka jet sky dengan alasan tidak bisa digunakan beramai-ramai, kamu bisa menaiki banana boat yang disediakan pengelola untuk disewakan kepada para pengunjung yang datang.

Selain itu, mata kamu juga akan dimanjakan oleh hamparan perbukitan hijau di sekitaran Irigasi Upper Komering. Dan ternyata di bukit sekitaran bendungan ini terdapat banyak kera. Tapi kera-kera tersebut muncul jika sedang kemarau saja. Saat musim penghujan, mereka pun seolah malu-malu kera untuk menampakkan batang hidungnya.

Saat mengunjungi tempat wisata ini, tidak perlu menjejali ranselmu dengan berbagai bekal makanan. Di lokasi ini telah tersedia warung-warung sederhana yang bisa mengganjal perutmu setelah seharian mengitari Irigasi Upper Komering.

Tempat wisata di Martapura yang satu ini memang tidak terlalu akrab di kalangan wisatawan luar. Rasanya masih kalah jauh dengan obyek-obyek wisata lainnya di Kabupaten OKU Timur, terlebih di Provinsi Sumatera Selatan. Tapi siapapun yang pernah mengunjungi Bendungan atau Irigasi Upper Komering, tidak akan mudah begitu saja melupakan kesan yang pernah ada di dalamnya.

Jika penasaran, kamu bisa menjelajahi Irigasi Upper Komering yang beralamatkan di Desa Perjaya, OKU Timur, Kota Martapura, Sumatera Selatan. Selamat mencoba!

#SalamTebarPesona

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.